HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS X1 SMK NEGERI 1 PONOROGO


Munir Rotun, 1301416032 (2021) HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS X1 SMK NEGERI 1 PONOROGO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS X1 SMK NEGERI 1 PONOROGO] PDF (HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS X1 SMK NEGERI 1 PONOROGO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rotun, Munir. (2020). Hubungan antara Penalaran Moral dan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMK Negeri 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Dr. Awalya, M.Pd., Kons. Penelitian ini berangkat dari fenomena mengenai perilaku bullying yang terjadi di SMK Negeri 1 Ponorogo. Melalui studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa masih terdapat siswa yang melakukan bullying di sekolah yang dikategorikan pada tingkat sedang. Disamping itu, ada peserta didik yang mana memasuki masa remaja memiliki penalaran moral yang masih belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penalaran moral dan iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelassional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 207 siswa yang terbagi pada masing-masing kelas pada seluruh kelas XI. Alat ukurnya menggunakan skala psikologis penalaran moral, skala psikologis iklim sekolah dan skala psikologis perilaku bullying. Dalam melakukan analisis data menggunakan uji analisis deskriptif dan analisis regeresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Ada hubungan negatif yang signifikan antara penalaran moral dengan perilaku bullying pada siswa SMK Negeri 1 Ponorogo (2) Ada hubungan negatif yang signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMK Negeri 1 Ponorogo (3) Ada hubungan yang signifikan antara penalaran moral dan iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMK Negeri 1 Ponorogo. Kata kunci: penalaran moral; iklim sekolah; perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: penalaran moral; iklim sekolah; perilaku bullying.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 00:16
Last Modified: 21 Sep 2021 00:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46590

Actions (login required)

View Item View Item