PENGARUH EMPATI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERUNDUNGAN VERBAL PADA SISWA SMP NEGERI SE-KOTA SEMARANG
Yuliana, 1301416030 (2020) PENGARUH EMPATI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERUNDUNGAN VERBAL PADA SISWA SMP NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH EMPATI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERUNDUNGAN VERBAL PADA SISWA SMP NEGERI SE-KOTA SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh fenomena perundungan secara verbal yang terjadi dikalangan siswa SMP di Kota Semarang. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan dengan menyebar angket dan wawancara kepada guru BK di SMP 19, 22 dan 23 Semarang diketahui masih terdapat siswa yang melakukan perundungan verbal seperti mengejek penampilan, bentuk tubuh, gaya bicara siswa lain dan bahkan dari saling ejek tersebut berdampak pada pembuangan tas ke got. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh empati dan konformitas teman sebaya terhadap perundungan verbal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 243 siswa kelas IX SMP Negeri 19, 22, dan 23 Semarang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala empati, skala konformitas teman sebaya, dan skala perundungan verbal yang masing-masing reliabilitasnya 0,796, 0,870, dan 0,902. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh negatif antara empati terhadap perundungan verbal siswa SMP Negeri se-Kota Semarang (p=0,000, β= -0,286) (2) Terdapat pengaruh positif antara konformitas teman sebaya terhadap perundungan verbal siswa SMP Negeri se-Kota Semarang (p=0,000, β=0,249) (3) Terdapat pengaruh yang signifikan empati dan konformitas teman sebaya terhadap perundungan verbal siswa SMP Negeri se-Kota Semarang (p=0,000, R=0,376, F=19,740). Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi empati maka semakin rendah perundungan verbal, semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah perundungan verbal. Kemudian antara empati dan konformitas teman sebaya secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap perundungan verbal dan memiliki sumbangan 14,1%. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat perundungan verbal pada siswa berada dalam kategori rendah. Sehingga guru BK diharapkan dapat memberikan layanan bimbingan kelompok dalam bidang pribadi dan sosial untuk mempertahankan dan mengurangi perundungan verbal. Adapun tema yang mungkin dapat digunakan adalah terkait dengan pencegahan perundungan verbal. Kata Kunci: empati, konformitas teman sebaya, perundungan verbal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: empati, konformitas teman sebaya, perundungan verbal |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 00:13 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 00:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46589 |
Actions (login required)
View Item |