UBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA BARU DI KELAS X SMK NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2019/2020
Ropiyah, 1301416007 (2020) UBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA BARU DI KELAS X SMK NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (UBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA BARU DI KELAS X SMK NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2019/2020)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: kecerdasan emosional, penyesuaian diri, siswa baru SMK Kecerdasan emosional sangat dibutuhkan didalam menyesuaikan diri. Seseorang memiliki kecerdasan emosional yang baik berarti individu tersebut mampu mengelola emosinya, dapat mengembangkan pikiran dan tindakan agar menghasilkan perilaku yang seimbang antara kebutuhan pribadi dengan tuntutan lingkungan sehingga menghasilkan penyesuaian diri yang baik. Tujuan riset ini adalah (a) untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa baru di kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba, (b) untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa baru di kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba, dan (c) untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa baru di kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba. Jenis penelitian dalam riset ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 78 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dengan skala penyesuaian diri dan skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan dalam riset ini adalah dengan menggunakan perhitungan statistik analisis korelasi spearman. Hasil dari riset ini menunjukan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa baru di kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba, berada pada kategori sedang yaitu 76,9% atau 60 siswa dan penyesuaian diri berada pada kategori sedang yaitu 87,2% atau 68 siswa. Hasil temuan analisis data dengan korelasi spearman membuktikan bahwa ada hubungan yang positif, kuat dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri yang ditunjukan dari nilai korelasi sebesar 0,635 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Sedangkan untuk nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,4032, ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional menyumbangkan sebesar 40% terhadap penyesuaian diri siswa baru di kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba. Maka dalam riset ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional maka semakin tinggi tingkat penyesuaian diri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: kecerdasan emosional, penyesuaian diri, siswa baru SMK |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 23:45 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 23:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46580 |
Actions (login required)
View Item |