HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALITAS KONSELOR DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PELAYANAN KONSELING DI SMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020.
Andrian Bimantara, 1301413129 (2021) HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALITAS KONSELOR DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PELAYANAN KONSELING DI SMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALITAS KONSELOR DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PELAYANAN KONSELING DI SMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020.)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kata kunci: Profesionalitas konselor; Kepuasan siswa; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ramai pada tahun 2019 di sebuah media sosial, pada saat itu ramai dibicarakan mengenai cuitan seorang siswa pada salah satu sekolah, ia bercerita mengenai oknum guru BK yang menganggap dirinya tidak layak untuk meneruskan study ke jenjang PTN. Kemudian didukung dengan wawancara singkat dengan siswa di SMA Muhammadiyah wonosobo dengan hasil 75% menyatakan bahwa mereka kurang puas dengan pelayanan konseling di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat profesionalitas konselor, tingkat kepuasan siswa dalam layanan konseling, dan hubungan antara profesionalitas konselor dengan kepuasan siswa dalam pelayanan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan 117 sampel dari 330 populasi, yang diperoleh menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan Angket skala profesionalitas konselor dan Angket skala kepuasan siswa. Koefisien validitas skala tersebut adalah 0,257-0,594 dan 0,033-0,508 dengan nilai croanbach alpha 0,732 dan 0,915. Teknik analisis data yang dilakukan adalah Pearson Correlation Product Moment. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara profesionalitas konselor dengan kepuasan siswa dengan nilai koefisien korelasi product moment 0,016 (r=0,016 ,p≥0.05). Dalam penelitian yang peneliti lakukan terdapat perbedaan hasil dimana tingginya profesionalitas tidak sebanding dengan kepuasan siswa yang masuk kategori sedang. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor yang tidak diteliti oleh peneliti seperti dari sisi budaya, latar belakang siswa dan aspek – aspek lainnya, penelitian ini juga dilaksanakan pada saat kondisi pandemi. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini memiliki keunikan tersendiri dengan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara profesionalitas konselor dengan kepuasan siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Profesionalitas konselor; Kepuasan siswa; |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 18 Sep 2021 06:19 |
Last Modified: | 18 Sep 2021 06:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46526 |
Actions (login required)
View Item |