IMPLEMENTASI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP KEJAR PAKET C DI PKBM ORKAPI SEMARANG SKRIPSI


Dita Dwi Safitri, 1201416062 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP KEJAR PAKET C DI PKBM ORKAPI SEMARANG SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP KEJAR PAKET C DI PKBM ORKAPI SEMARANG SKRIPSI] PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP KEJAR PAKET C DI PKBM ORKAPI SEMARANG SKRIPSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Implementasi, Program, Kecakapan Hidup Pendidikan nonformal merupakan lembaga pemerintah yang diselenggarakan diluar sistem pendidikan sekolah yang memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat tidak dapat mengikuti sistem pendidikan formal disekolah. pendidikan nonformal tidak hanya memfokuskan pada pengetahuan saja namun juga memberikan program kecakapan hidup. Sehingga diharapkan warga belajar jika mengikuti pembelajaran dengan baik maka akan menguasai keterampilan yang dapat bermanfaat bagi kehidupannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan implementasi program kecakapan hidup, hasil belajar dari pelaksanaan program kecakapan hidup, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program kecakapan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari Kepala PKBM, 2 orang tutor Kejar Paket C, 2 orang warga belajar Kejar Paket C, dan 2 orang tokoh masyarakat. Keabsahan data menggunakan triangulasi, dan Triangulasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: 1) Perencanaan dilakukan dengan penentuan waktu, materi program, media program, metode pelaksanaan program, dan sumber belajar. 2). Pelaksanaan program dilakukan oleh narasumber dengan memberi tahu alat, bahan yang digunakan dalam pelaksanaan program, dan langkahlangkah pembuatan donat dalam program kacakapan hidup yang diikuti praktik oleh warga belajar. 3) Evaluasi dilakukan diakhir kegiatan dan dengan cara musyawarah. Hasil belajar berupa nilai rapot, Faktor pendukung yaitu antusias dari warga belajar dan Faktor penghambat yaitu terbatasnya anggaran dan Media digunakan. Simpulan dalam penelitian ini bahwa Implementasi program kecakapan hidup di PKBM dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Manfaat dari penelitian ini memberikan pengetahuan menjadi faktor penghubung dan penghambat pelaksanaan program kecakapan hidup untuk pelaksanaan program selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Program, Kecakapan Hidup
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Sep 2021 04:55
Last Modified: 18 Sep 2021 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46517

Actions (login required)

View Item View Item