PENANAMAN NILAI KARAKTER KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI TPA NASTITI SIWI KELURAHAN GEDANG ANAK KABUPATEN SEMARANG
Muhammad Sholahuddin, 1201416043 (2020) PENANAMAN NILAI KARAKTER KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI TPA NASTITI SIWI KELURAHAN GEDANG ANAK KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENANAMAN NILAI KARAKTER KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI TPA NASTITI SIWI KELURAHAN GEDANG ANAK KABUPATEN SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Kunci : Pendidikan Karakter, Kemandirian, dan TPA Taman Pengasuhan Anak (TPA) merupakan salah satu bentuk PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan sekaligus pengasuhan dan kesejahteraan sosial dari usia anak lahir sampai usia eman tahun. TPA memberikan pelayan kepada anak penganti peran orang tua saat bekerja, maka dari itu TPA memberikan pendidikan berupa pendidikan karakter dan pembiasaan baik yang di mulai sejak dini. Tujuan dari peelitian adalah (1) Mendeskripsikan penanaman nilai karakter kemandirian pada anak usia 2-5 tahun di TPA Nastiti Siwi Kelurahan Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur. (2) Mendeskripsikan dukungan orang tua terhadap penanam nilai karakter kemandirian pada anak usia dini. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam penanaman nilai karakter kemandirian pada anak usia2-5 tahun di TPA Nastiti Siwi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 3 anak usia dini, 2 guru atau pengasuh, 2 orang tua peserta didik. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber . Teknis analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian yaitu penanaman nilai karakter kemandirian di TPA Nastiti Siwi yaitu kegiatan pengembangan diri dan kegiatan pembelajaran. Bentuk dukungan yang diberikan orang tua kepada anak usia dini terhadap penerapan nilai karakter berupa dorongan serta memberikan dan memenuhi kebutuhan atau fasilitas yang memadai untuk mendukung jalannya kegiatan baik di rumah maupun di TPA. Terdapat faktor pendukung dan penghambat internal dan eksternal. Faktor pendukung internal (1) Dorongan atau niat dari dalam diri pendidik untuk mendidik dan menerapkan nilai karakter yang baik pada anak usia dini; (2). Perilaku dari anak usia dini. Faktor pendukung eksternal (1) Fasilitas paud yang memadai; (2) Adanya bantuan dari pemerintah; (3) Dukungan orang tua. Faktor penghambat internal (1) Pemahaman dari guru atau pendidik; (2) Sikap dan perilaku anak usia dini. Faktor penghambat eksternal (1) Orang tua yang sibuk bekerja; (2) Lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sosial. Disimpulkan secara umum penanaman nilai-nilai karakter di TPA Nastiti Siwi yang difokuskan pada penanaman nilai-nilai karakter kemandirian dilakukan melalui berbagai kegiatan pembelajan dan pembiasaan baik agar anak dapat mandiri, disiplin dan tanggung jawab terhadap diri sendiri. Saran yang peneliti usulkan sebaiknya pendidik di TPA Nastiti Siwi lebih di tingkatkan untukviii memberikan pelayanan yang optimal baik dari segi pendidikan infomal, nonformal maupun formal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kunci : Pendidikan Karakter, Kemandirian, dan TPA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 18 Sep 2021 03:56 |
Last Modified: | 18 Sep 2021 03:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46509 |
Actions (login required)
View Item |