PENGARUH PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PROFETIK LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SOFT SKILL ERA INDUSTRI 4.0 PADA SISWA SMKIT SMART INFORMATIKA SURAKARTA


Aisyah Muthi’ah, 1102416013 (2021) PENGARUH PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PROFETIK LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SOFT SKILL ERA INDUSTRI 4.0 PADA SISWA SMKIT SMART INFORMATIKA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PROFETIK LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SOFT SKILL ERA INDUSTRI 4.0 PADA SISWA SMKIT SMART INFORMATIKA SURAKARTA] PDF (PENGARUH PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PROFETIK LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SOFT SKILL ERA INDUSTRI 4.0 PADA SISWA SMKIT SMART INFORMATIKA SURAKARTA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : penguatan pendidikan karakter, profetik learning, kompetensi soft skill, era industri 4.0 Penelitian ini dilatar belakangi oleh penguatan pendidikan karakter berbasis profetik learning yang dilaksanakan sekolah sebagai faktor pengaruh kompetensi lulusan siswa dalam segi soft skill yang dibutuhkan untuk bersaing di dunia kerja. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 15 bahwa, “pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu”. Maka SMK mempunyai tujuan untuk dapat menyiapkan lulusan dengan keterampilan berdasarkan yang dibutuhkan dunia industri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis profetik learning dalam peningkatan kompetensi soft skill siswa di SMKIT Smart Informatika. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 180 siswa. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa di SMKIT Smart Informatika, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teknik random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Desain penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini yang mana dapat digolongkan dalam penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yang mana variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana yang memperoleh hasil implementasi profetik learning terhadap kompetensi soft skill siswa di SMKIT Smart Informatika Surakarta memiliki yaitu nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka oleh karena itu dapat diartikan bahwa pelaksanaan profetik learning (X) berpengaruh secara positif terhadap kompetensi soft skill siswa (Y), maka persamaan regresinya yaitu Y = 31,398 + 0,652X. Pengujian prasyarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Semua perhitungan diproses dengan program SPSS Versi 16. Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu : 1) Tingkat pelaksanaan profetik learning di SMKIT Smart Informatika dapat dikategorikan Cukup dan nilai rata-rata sebesar 61,5, 2) Kompetensi soft skill siswa dapat dikategorikan Baik dan nilai rata-rata sebesar 71,5 3) Pelaksanaan profetik learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi soft skill siswa. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh hasil yang menyatakan bahwa 1% tingkat pelaksanaan profetik learning maka kompetensi soft skill siswa naik sebesar 65,2%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : penguatan pendidikan karakter, profetik learning, kompetensi soft skill, era industri 4.0
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 14:44
Last Modified: 17 Sep 2021 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46485

Actions (login required)

View Item View Item