KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DAN MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 2 KUDUS


Ammar Annas Al Jihad, 1102415101 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DAN MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DAN MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 2 KUDUS] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DAN MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 2 KUDUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran AIR, Model Pembelajaran VAK, Hasil Belajar Siswa Pendidikan mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan peserta didik untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat serta persaingan global saat ini. Berdasarkan urgensi dari pendidikan, maka dibutuhkan suatu pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu diperlukan pembaharuan dalam mutu pendidikan. salah satunya melalui kurikulum. Salah satu mata pelajaran yang termuat dalam kurikulum yaitu Biologi. Materi Biologi sangat membantu dalam memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan sebuah pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung. Namun kenyataan dilapangan membuktikan bahwa pembelajaran Biologi masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru sehingga hasil belajar peserta didik belum optimal. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan di MAN 2 Kudus menunjukkan bahwa guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru dan didominasi dengan metode pembelajaran ceramah sehingga peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah yang menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal. Terdapat berbagai macam strategi dalam menumbuhkan aktifitas siswa secara efektif, salah satunya melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat guna serta tepat sasaran, yaitu model pembelajaran AIR dan VAK. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan meneliti tentang keefektifan model pembelajaran AIR dan VAK terhadap hasil belajar biologi siswa di MAN 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest comparison group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil uji-t menggunakan equal variance assumed menunjukkan nilai t sebesar 3,156 dengan signifikansi 0,003. Signifikansi 0,003 < 0,05 yang berarti Ho ditolak sehingga Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelarannya menggunakan model pembelajaran AIR dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model VAK. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berharap bahwa guru mata pelajaran biologi dapat memanfaatkan model pembelajaran AIR dan VAK sebagai salah satu variasi dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran AIR, Model Pembelajaran VAK, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 14:27
Last Modified: 17 Sep 2021 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46481

Actions (login required)

View Item View Item