DESAIN PERFORMANCE ASSESSMENT PRAKTIKUM UJI KANDUNGAN GULA DAN PROTEIN URIN UNTUK MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Silfa Wahyuning Tiasti, 4001416019 (2021) DESAIN PERFORMANCE ASSESSMENT PRAKTIKUM UJI KANDUNGAN GULA DAN PROTEIN URIN UNTUK MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (DESAIN PERFORMANCE ASSESSMENT PRAKTIKUM UJI KANDUNGAN GULA DAN PROTEIN URIN UNTUK MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan metode wawancara dan observasi maka didapatkan data bahwa penilaian yang dilakukan guru IPA di SMP Negeri 2 Susukan belum terarah ke prinsip penilaian yang telah dirumuskan dalam standar penilaian serta tidak memiliki sebuah alat atau instrumen untuk mengukur kinerja siswa. Penilaian kinerja yang digunakan oleh guru adalah penilaian berdasarkan hasil laporan praktikum dan hasil produk praktikum yang masih mengacu pada penilaian tugas akhir yang diperoleh siswa untuk aspek keterampilan dan belum mengembangkan penilaian unjuk kerja siswa yang bersumber pada pengalaman belajarnya, sehingga dapat diketahui siswa mana yang ikut berpartisipasi aktif dan dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain performance assessment praktikum uji kandungan gula dan protein urin untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan desain pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 15 siswa kelas VIII F. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar validasi performance assessment praktikum untuk menganalisis kelayakan produk yang dikembangkan, lembar observasi performance assessment praktikum untuk analisis keterampilan proses sains siswa, dan angket respon siswa untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan performance assessment praktikum. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan dengan data lembar validasi ahli dan hasil angket respon siswa. Analisis reliabilitas dengan data pengamatan pada lembar observasi performance assessment, dan analisis angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain performance assessment praktikum yang dikembangkan memiliki spesifikasi yaitu: (1) kisi-kisi penilaian praktikum terdiri dari 8 aspek keterampilan proses sains, (2) terdapat petunjuk penggunaan performance assessment praktikum, (3) rubrik penilaian yang dikembangkan menggunakan rubrik bergambar dan kriteria penilaian, (4) lembar performance assessment memuat butir-butir pernyataan (indikator-indikator yang di nilai) dalam bentuk skala penilaian (rating scale), (5) skala penilaian yang digunakan dalam instrumen penilaian yaitu skor 1 sampai 4. Desain performance assessment praktikum yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteri sangat layak dengan skor 39,8 sedangkan penilaian angket respon siswa menunjukkan respon positif dan termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan skor 36,2. Reliabilitas hasil uji coba skala kecil diperoleh pada data skor keterampilan proses sains siswa saat praktikum dari pengamatan ketiga observer melalui persamaan inter rater reliability sebesar 0,8 dengan kriteria reliabilitas tinggi. Hasil penilaian identifikasi keterampilan proses sains siswa terdapat 8 aspek yang diamati maka didapatkan rerata skor untuk ketiga observer sebesar 57 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan yang menunjukkan bahwa performance assessment praktikum uji kandungan gula dan protein urin untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains siswa yang dikembangkan memiliki 5 indikator spesifikasi yang baik, sangat layak, serta dapat digunakan untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | performance assessment, praktikum, keterampilan proses sains. |
Subjects: | L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 06:05 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 06:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46428 |
Actions (login required)
View Item |