PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA
Widya Riyani, 4401415089 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis untuk membantu peserta didik, selain itu modul dapat memonitor kegiatan peserta didik, dan dapat memberikan saran, petunjuk serta informasi balikan tingkat kemajuan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik modul, kevalidan dan tanggapan keterbacaan modul perubahan lingkungan berbasis STEM. Metode penelitian menggunakan RnD yang dimodifikasi dari Sugiyono dengan 8 tahap, jenis data berupa validitas modul, keterbacaan modul dan tanggapan modul. Hasil validasi ahli materi (82,34%), ahli media (94,2%), tanggapan guru (86%), dan tanggapan peserta didik (82,34%) sebanyak 4 peserta didik, peserta didik yang berkemampuan sedang (78,3%) sebanyak 8 peserta didik, dan peserta didik yang berkemampuan rendah (73,4%) sebanyak 4 peserta didik, untuk presentase rata-ratanya (79,73%) dengan kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah modul berbasis STEM pada materi perubahan lingkungan yang memiliki karakteristik membahas materi perubahan lingkungan dengan pendekatan STEM untuk membangun karakter peduli terhadap lingkungan layak digunakan untuk mengajar siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbasis STEM, Modul, Perubahan Lingkungan |
Subjects: | L Education > Special Education > Biology Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 03:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 03:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46396 |
Actions (login required)
View Item |