PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KONSERVASI PADA MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI RAGAM BUDAYA INDONESIA DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS III SD NEGERI TUGUREJO 01 SEMARANG


Nur Indah Dwi Astuti, 1401416488 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KONSERVASI PADA MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI RAGAM BUDAYA INDONESIA DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS III SD NEGERI TUGUREJO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KONSERVASI PADA MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI RAGAM BUDAYA INDONESIA DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS III SD NEGERI TUGUREJO 01 SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KONSERVASI PADA MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI RAGAM BUDAYA INDONESIA DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS III SD NEGERI TUGUREJO 01 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan dokumentasi dan wawancara dengan guru kelas IIIB SDN Tugurejo 01 Semarang memiliki beberapa akar permasalahan dalam proses pembelajaran, seperti minimnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif. Hal tersebut memberi dampak berupa kurang optimalnya pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media puzzle pada model pembelajaran make a match materi ragam budaya Indonesia. Dengan media yang inovatif, siswa dapat belajar dengan aktif dan terlibat dalam penggunaan media yang menarik dan menantang bagi siswa untuk memecahkan suatu masalah sesuai dengan perkembangannya Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (penelitian dan pengembangan) dengan langkah meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan produk akhir. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, angket,dan dokumentasi. Teknik analisis data dari penelitian ini meliputi analisis data kebutuhan yang diperoleh dari hasil angket kebutuhan guru dan siswa, serta analisis data yang diperoleh dari hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran puzzle konservasi pada model pembelajaran make a match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle konservasi pada model pembelajaran make a match materi ragam budaya Indonesia dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase komponen kelayakan isi materi 96,4% dengan kriteria sangat layak dan komponen penyajian media 95% dengan kriteria layak. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, peneliti menyampaikan saran yaitu Media Puzzle Konservasi Pada Model Pembelajaran Make A Match direkomendasikan untuk guru agar dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai inovasi baru dalam media yang dikemas melalui permainan pembelajaran PPKn. Sehingga penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan dari media yang dikembangkan dan peneliti dapat memberikan sumbangan yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media puzzle, konservasi, make a match, PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:52
Last Modified: 15 Sep 2021 10:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46375

Actions (login required)

View Item View Item