PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 1 KENDAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SEBAGAI VARIABEL MODERASI
WARIS IRA MARLINA, 7101416283 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 1 KENDAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 1 KENDAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Peran Guru, Kepercayaan diri siswa, Karakter Siswa Karakter merupakan cara berfikir dan berperilaku yang khas pada tiap individu untuk hidup dan bekerja sama dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat , bangsa dan Negara. Dimana cara berfikir siswa dibentuk dan dirancang oleh pemerintah agar siswa memiliki karakter yang lebih baik. Namun berdasarkan hasil observasi awal SMK Negeri 1 Kendal terdapat beberapa siswa yang perlu dikembangkan kembali perilakunya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru dengan kepercayaan diri siswa sebagai variabel moderasi terhadap karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Akuntansi SMK N 1 Kendal sejumlah 139 siswa. Jumlah sampel sebanyak 104 siswa dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling menggunakan sample random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi moderasi. Analisis deskripsi menunjukkan bahwa karakter siswa, lingkungan sekolah, peran guru dan kepercayaan diri siswa berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian terhadap karakter siswa, terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah terhadap karakter siswa, terdapat pengaruh positif peran guru terhadap karakter siswa. Uji moderasi menunjukkan bahwa Kepercayaan diri siswa memperkuat secara signifikan pengaruh lingkungan sekolah terhadap karakter siswa, kepercayaan diri siswa memperkuat secara signifikan pengaruh peran guru terhadap karakter siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhdap karakter siswa, peran guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa, kepercayaan diri siswa memperkuat lingkungan sekolah terhadap karakter siswa, kepercayaan diri siswa memperkuat peran guru terhadap karakter siswa. Saran yang dapat diberikan dari peneliti yaitu untuk orangtua hendaknya bisa menciptakan suasana yang kondusif dirumah, untuk guru diharapkan memiliki sikap tegas dlam mengatasi perilaku siswa yang tidak sesuai dengan tata tertib, untuk siswa hendaknya memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Peran Guru, Kepercayaan diri siswa, Karakter Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 09:10 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 09:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46373 |
Actions (login required)
View Item |