PERAN DAN FUNGSI SEKRETARIS DALAM MENDUKUNG PROFESIONAL KERJA PIMPINAN DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG
Vivi Wahyu Anjasari, 7101413114 (2020) PERAN DAN FUNGSI SEKRETARIS DALAM MENDUKUNG PROFESIONAL KERJA PIMPINAN DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PERAN DAN FUNGSI SEKRETARIS DALAM MENDUKUNG PROFESIONAL KERJA PIMPINAN DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kata kunci: Peran, Fungsi, Sekretaris, Profesional Peran dan fungsi sekretaris membantu kerja dari pimpinan bagi tiap organisasi. Sekretaris merupakan seseorang yang bekerja untuk membantu pimpinan dalam menjalankan kegiatan organisasi baik secara vertikal maupun horizontal dalam mendukung profesional kerja pimpinan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dipilih menjadi lokasi penelitian karena berdasarkan hasil observasi awal, peran dan fungsi sekretaris dijalankan dengan dua subbag di bawah perintah kepala sekretariat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan fungsi sekretaris dalam mendukung profesional kerja pimpinan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari informan yang dihasilkan dengan teknik wawancara untuk pengumpulan data, serta dokumentasi dan observasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Informan dalam penelitian ini adalah 2 subbag dan 6 bidang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran sekretaris meliputi perantara saluran komunikasi yaitu penanganan surat oleh sekretaris, sumber informasi yaitu sekretaris sebagai pembina kepegawaian yang menjaga rahasia, sebagai penyambung keinginan kepala dinas kepada staf. Alternatif pemikiran pimpinan dalam ide-ide yaitu saling berrdiskusi dan terbuka dalam forum, penunjang dalam keberhasilan pekerjaan yaitu aktif membantu program kerja agar berjalan lacar. Fungsi meliputi membantu meringankan tugas pimpinan yaitu membantu tugas harian, dan menangani informasi untuk pimpinan yaitu komunikasi yang berjalan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini, peran dan fungsi sekretaris di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang telah dilaksanakan untuk mendukung profesional kerja pimpinan. Peran meliputi penanganan surat, penjembatan antara pimpinan dan bawahan. Fungsi pimpinan yan meringankan kerja pimpinan, Saran yang diberikan adalah penambahan sarana prasarana dan adanya pembagian jobdesk yang jelas antara kepala sekretariat, dan dua subbag.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Peran, Fungsi, Sekretaris, Profesional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 08:43 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 08:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46366 |
Actions (login required)
View Item |