PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRICE BUNDLING STRATEGY, DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI EMOSI POSITIF
Taufikurohman, 7311416030 (2020) PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRICE BUNDLING STRATEGY, DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI EMOSI POSITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRICE BUNDLING STRATEGY, DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI EMOSI POSITIF)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Store Atmosphere, Price Bundling Strategy, Visual Merchandising, Impulse Buying, Emosi Positif. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi baik di kancah domestik maupun non domestik menyebabkan berbagai macam perubahan. Salah satunya adalah industri ritel, hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya pasar modern yang mulai bermunculan, mulai dari minimarket, supermarket, hypermarket, departement store dan lain sebagainya. Pasar modern tersebut di bentuk karena semata-mata hanya untuk memberikan kemudahan dan kenyaman kepada para pengunjung selama proses pemenuhan kebutuhan berlangsung. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh store atmosphere, price bundling strategy, dan visual merchandising terhadap impuls buying melalui emosi positif pada konsumen Giant Ekspress Tlogosari Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Giant Ekspress Tlogosari Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 116 konsumen dengan metode incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui progam IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel store atmosphere dan visual merchandising mampu meningkatkan impulse buying, sedangkan price bundling strategy belom bisa meningkatkan impulse buying. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa emosi positif dapat memediasi store atmosphere, price bundling stratgey, dan visual merchandising memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Simpulan dari penelitian ini adalah store atmosphere dan visual merchandising mampu meningkatkan impulse buying, sedangkan price bundling strategy belom bisa meningkatkan impulse buying. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa emosi positif dapat memediasi store atmosphere, price bundling stratgey, dan visual merchandising memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Diharapkan bagi Giant Ekspress Tlogosari dapat mengembangkan strategy penetapan harga, mengingat bahwa price bundling strategy atau strategy harga bundle dirasa kurang efektif diterapkan di Giant Ekspress Tlogosari. Strategi penetapan harga lainnya perlu diterapkan guna memenuhi ekspektasi pelanggan. Dimana konsumen menggap bahwa harga pada Giant Ekspress Tlogosari murah dan terjangkau. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menembah referensi impulse buying dan bisa menggunakan variabel yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Store Atmosphere, Price Bundling Strategy, Visual Merchandising, Impulse Buying, Emosi Positif |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 07:17 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 07:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46351 |
Actions (login required)
View Item |