PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA
Felmi Putri Perdani, 7101416169 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci : Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kerja, Komunikasi Interpersonal. Pelayanan publik adalah kegiatan utama yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Pelayanan dapat diberikan dalam bentuk jasa maupun fisik yang pada prinsipnya menjadi tanggungjawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di pusat dan di daerah. Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan Rembang belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi pegawai, fasilitas kerja dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah pengguna layanan di Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga selama dilakukan penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus iterative yang didapatkan dari responden sejumlah 115 orang. Metode pengambilan data yang dilakukan yaitu angket atau kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linear berganda yaitu Y= 3,617 + 0,202KP + 0,728FK + 0,436KI + e. Hasil uji secara simultan menghasilkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel kompetensi pegawai, fasilitas kerja dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga sebesar 34,9%. Uji parsial menghasilkan pengaruh variabel kompetensi pegawai sebesar 4,3%, fasilitas kerja sebesar 25,5% dan komunikasi interpersonal sebesar 9,1%. Simpulan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pegawai, fasilitas kerja dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan baik secara simultan maupun parsial. Saran bagi pihak kecamatan yaitu 1) Melakukan pelatihan in house training dengan tema excellent service terhadap pegawai. 2) Bagi Kantor Kecamatan Rembang untuk melakukan pemeliharaan dalam peralatan kantor (telepon kantor) agar lebih diperhatikan lagi untuk kelancaran pelayanan sesuai standar pelayanan yang berlaku. 3) Bagi pegawai lebih ramah senyum dalam melayani agar pengunjung merasa nyaman saat menanyakan informasi terkait pelayanan yang dibutuhkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kerja, Komunikasi Interpersonal. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 05:33 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 05:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46324 |
Actions (login required)
View Item |