PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION PADA PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Giant Extra Siliwangi di Semarang)


Agustina Tri Lindasari, 7311416070 (2020) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION PADA PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Giant Extra Siliwangi di Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION PADA PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI  VARIABEL INTERVENING  (Studi pada Konsumen Giant Extra Siliwangi di Semarang)] PDF (PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION PADA PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Giant Extra Siliwangi di Semarang)) - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Pembelian impulsif merupakan pembelian diluar daftar rencana belanja yang didorong oleh rasa emosi dan terjadi secara tiba-tiba. Peritel perlu merencanakan agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan sales promotion terhadap pembelian impulsif dnegan positive emotion sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang lebih dari satu kali berbelanja di Giant Extra Siliwangi Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu path analysis dengan SPSS for Windows versi 23. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa store atmosphere tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif, sales promotion berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, positive emotion berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, serta positive emotion mampu bertindak sebagai variabel intervening. Dimana variabel store atmosphere dan sales promotion berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui positive emotion. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian yaitu store atmosphere tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang artinya bahwa store atmosphere yang dibuat oleh Giant Extra Siliwangi tidak dapat mempengaruhi pembelian impulsif konsumen. Sales promotion dan positive emotion berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif yang berarti semakin tinggi sales promotion dan positive emotion maka akan meningkatkan pembelian impulsif. Store atmosphere dan sales promotion berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui positive emotion dapat diartikan bahwa semakin baik positive emotion konsumen maka konsumen akan meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap store atmosphere dan sales promotion sehingga dapat meningkatkan pembelian impulsif. Saran untuk manajemen Giant Extra Siliwangi yaitu mengadakan contest dan program price pack sesering mungkin serta diiringi dengan penawaran-penawaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelian Impulsif, Store Atmosphere, Sales Promotion, Positive Emotion
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:35
Last Modified: 15 Sep 2021 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46304

Actions (login required)

View Item View Item