IDENTIFIKASI BAKAT CABANG OLAHRAGA ANGKAT BESI DI KABUPATEN GROBOGAN
Affuwun Afwa Subby Pambudhy, 6211416028 (2020) IDENTIFIKASI BAKAT CABANG OLAHRAGA ANGKAT BESI DI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (IDENTIFIKASI BAKAT CABANG OLAHRAGA ANGKAT BESI DI KABUPATEN GROBOGAN)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini adalah belum adanya identifikasi bakat olahraga pada peserta didik di SD Negeri 3 Kedungrejo Kabupaten Grobogan, sehingga peserta didik tidak mengetahui bakat olahraga yang dimiliki. Apabila mengetahui bakat olahraga yang dimiliki, peserta didik akan lebih mudah dalam mencapai prestasi dengan maksimal. Maka dari itu, perlu identifikasi bakat untuk mengetahui berbakat atau tidaknya peserta didik. Fokus Masalah pada penelitian ini adalah pengidentifikasian bakat cabang olahraga Angkat Besi kategori usia 10-12 tahun di SD Negeri 3 Kedungrejo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis hasil tingkat bakat peserta didik pada cabang olahraga Angkat Besi kategori usia 10-12 tahun di SD Negeri 3 Kedungrejo. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian deskriptif persentase. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Kedungrejo. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik baik jenis kelamin laki-laki maupun perempuan dengan kategori usia 10-12 tahun. Instrumen penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan pedoman observasi dan tes pengukuran. Data diukur dengan menggunakan dua cara yaitu tes pengukuran antropometri dan tes pengukuran fisik. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 22 dengan menggunakan analisis persentase berdasarkan pedoman parameter pada setiap tesnya. Hasil penelitian dari tes identifikasi bakat cabang olahraga Angkat Besi di SD Negeri 3 Kedungrejo yaitu 43 peserta didik terbagi dalam 5 tingkat kategori bakat. Pemaparannya adalah sebagai berikut: (1) Tidak ada peserta didik (0%) yang tingkat bakatnya masuk dalam kategori Kurang Sekali. (2) Terdapat 16 peserta didik (37,2%) yang tingkat bakatnya masuk dalam kategori Kurang, terdiri dari 9 perempuan dan 7 laki-laki. (3) Terdapat 26 peserta didik (60,47%) yang tingkat bakatnya masuk dalam kategori Cukup, terdiri dari 12 perempuan dan 14 laki-laki. (4) Terdapat 1 peserta didik perempuan (2,33%) yang tingkat bakatnya masuk dalam kategori Baik. 5) Tidak ada peserta didik (0%) yang tingkat bakatnya masuk dalam kategori Baik Sekali. Simpulan dari penelitian ini yaitu dari total 43 peserta didik, terdapat 16 peserta didik (37,2%) yang tingkat bakatnya masuk kategori Kurang, 26 peserta didik (60,47%) yang tingkat bakatnya masuk dalam kategori Cukup, dan terdapat 1 peserta didik (2,33%) yang tingkat bakatnya masuk dalam kategori Baik. Peneliti memberikan saran bagi sekolah untuk mengarahkan anak berpotensi dan memiliki ketertarikan pada cabang olahraga tersebut untuk melakukan pembinaan lebih lanjut khususnya pada kegiatan latihan cabang olahraga Angkat Besi di Kab. Grobogan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi Bakat, Angkat Besi |
Subjects: | O Sport > Ilmu Keolahragaan |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:07 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46239 |
Actions (login required)
View Item |