APLIKASI MEDIA SOSIALISASI PENGENALAN PAJAK “AKU TAU PAJAK SEKARANG” BERBASIS ANDROID


Mentari, 5302416041 (2020) APLIKASI MEDIA SOSIALISASI PENGENALAN PAJAK “AKU TAU PAJAK SEKARANG” BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of APLIKASI MEDIA SOSIALISASI PENGENALAN PAJAK “AKU TAU PAJAK SEKARANG” BERBASIS ANDROID] PDF (APLIKASI MEDIA SOSIALISASI PENGENALAN PAJAK “AKU TAU PAJAK SEKARANG” BERBASIS ANDROID) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Wajib pajak di Indonesia menunjukkan tingkat kepatuhan yang masih rendah, terlihat dari belum optimalnya tax ratio di Indonesia masih rendah yaitu sebesar 11,5 % untuk tahun 2018 (Kementerian Keuangan, 2019). Kesadaran dan kepedulian sukarela wajib pajak merupakan hal yang sangat mendasar. Masyarakat masih belum percaya terhadap keberadaan pajak karena masih terasa memberatkan, pembayarannya sering mengalami kesulitan dalam menghitung dan melaporkannya, ketidakmengertian masyarakat mengenai pajak. Sosialisasi perpajakan sangat berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Menggunakan sosialisasi ini masyarakat menjadi mengerti dan paham tentang manfaat membayar pajak serta sanksi jika tidak membayar pajak. Sosialisasi dalam bentuk game atau permainan edukatif akan lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu, penggunaan aplikasi pada smartphone memang bisa menjadi alternatif praktis untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri dengan keadaan lingkungan sekitar dan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi pengenalan pajak “Aku Tau Pajak Sekarang” sebagai media sosialisasi. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode Waterfall. Langkah – langkah penelitian ini adalah communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Pada pengujian aplikasi, dilakukan dengan uji materi, uji gain, uji media, dan uji kelayakan perangkat lunak (functional suitability, compatibility, dan usability). Penelitian ini menghasilkan aplikasi Aku Tau Pajak Sekarang yang berisi games edukatif yang dapat dijadikan media sosialisai pengenalan pajak. Dari hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi dapat dikategorikan “Sangat Baik” sehingga aplikasi dapat dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil uji materi memperoleh persentase 91,67%, uji gain memperoleh skor 0,3409, uji media memperoleh persentase 97,5%, functional suitability menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan dengan baik dan tidak terdapat error, compatibility menunjukkan presentase 100%, usability memperoleh persentase 80,33%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pengenalan Pajak, Android.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:45
Last Modified: 14 Sep 2021 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46226

Actions (login required)

View Item View Item