SURVEI BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SMP KELAS VII DAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020


Kunto Widiyantoro Aji, 6101416159 (2020) SURVEI BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SMP KELAS VII DAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SMP KELAS VII DAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020] PDF (SURVEI BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SMP KELAS VII DAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan olahraga di SMP Negeri 2 Ngadirejo Kabupaten Temanggung masih tergolong rendah dan kurang maksimal. Berdasarkan hasil POPDA tingkat Kabupaten Temanggung tahun 2019 SMP Negeri 2 Ngadirejo masih kurang memuaskan, dari cabang olahraga yang sering mendapatkan nomor juara hanyalah cabang olahraga atletik. Dari permasalahan yang terjadi upaya untuk mengoptimalisasi prestasi dalam cabang olahraga salah satunya terletak pada sulitnya menemukan atlet-atlet muda yang berbakat. Proses penyeleksian anak untuk mengikuti lomba hanya pada saat pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler. Untuk program ekstrakurikuler hanya beberapa cabang olahraga yang sudah memasyarakat seperti bola voli, bola basket, sepak bola, futsal dan atletik sedangkan untuk prestasi olahraga yang paling menonjol adalah atletik. Tujuan penelitian: untuk mengetahui bakat olahraga siswa SMP Negeri 2 Ngadirejo Kabupaten Temanggung tahun 2020. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII dan VIII sejumlah 412 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuota sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif presentase. Pengolahan data menggunakan aplikasi software sport search. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tes bakat sport search digunakan untuk mengetahui bakat yang dimiliki siswa, (2) Dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama siswa atau peserta tes dan dokumentasi berupa foto pada saat pelaksanaan tes pemanduan bakat dengan metode sport search. Dari hasil analisis data diperoleh hasil penelitian mengenai penelusuran keberbakatan olahraga pada siswa SMP Negeri 2 Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 2020, maka penulis menyimpulkan bahwa terdapat 8 bakat cabang olahraga yang terdiri dari: panahan sejumlah 15 siswa atau 26%, selam sejumlah 14 siswa atau 24%, angkat berat sejumlah 18 siswa atau 30%, tolak peluru sejumlah 4 siswa atau 7%, senam sejumlah 4 siswa 7%, lompat tinggi sejumlah 1 siswa atau 2%, lari jarak jauh 1 siswa atau 2%, dan lompat jauh sejumlah 1 siswa 2%. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa siswa SMP Negeri 2 Ngadirejo memiliki berbagai bakat olahraga, namun sebagian dari potensi tersebut belum diketahui oleh siswa. Adapun saran dengan adanya penelitian ini harapannya agar bisa menjadi sebuah referensi atau alternatif untuk proses pemanduan dan pengembangan bakat olahraga di SMP Negeri 2 Ngadirejo Kabupaten Temanggung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penelusuran Bakat Olahraga, Sport Search, Siswa SMP
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:56
Last Modified: 13 Sep 2021 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46170

Actions (login required)

View Item View Item