PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Hadi Ahmad Jauhari, NIM. 7311416100 (2021) PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran. Kinerja pemasaran merupakan hal penting pada usaha kecil dan menengah, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah inovasi produk mampu memediasi orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro Paguyuban Ikan Hias Semarang Hobby sebanyak 134 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v23. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaann memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran, selanjutnya keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan antara orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Tinggi rendahnya orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan mempengaruhi kinerja pemasaran pada Usaha Mikro Paguyuban Ikan Hias Semarang Hobby. Keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sehingga dapat memediasi hubungan orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada Paguyuban Ikan Hias Semarang Hobby. Saran untuk Paguyuban Ikan Hias Semarang Hobby agar lebih lebih meningkatkan keunggulan bersaing yang mereka lakukan dengan menjaga kualitas produk yang mereka jual sehingga lebih dipercaya oleh pelanggan, menerapkan harga yang bersaing terhadap produk produk yang sedang banyak diminati di pasaran atau juga menggapi perubahan selera pasar dengan baik dalam wujud respon pasar, sehingga dengan begitu kinerja pemasaran juga akan semakin meningkat
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 03:29 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 03:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46106 |
Actions (login required)
View Item |