ANALISIS EFISIENSI SOLAR CHARGER CONTROLLER TIPE PWM DAN MPPT DENGAN METODE SIMULASI


Aditya Yudha Perdana, 4211413021 (2020) ANALISIS EFISIENSI SOLAR CHARGER CONTROLLER TIPE PWM DAN MPPT DENGAN METODE SIMULASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS EFISIENSI SOLAR CHARGER CONTROLLER TIPE PWM DAN MPPT DENGAN METODE SIMULASI] PDF (ANALISIS EFISIENSI SOLAR CHARGER CONTROLLER TIPE PWM DAN MPPT DENGAN METODE SIMULASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan energi dunia diprediksi terus meningkat seiring dengan bertambahnya populasi manusia dan kemajuan teknologi. Tingginya tingkat kebutuhan energi yang terus meningkat dan terbatasnya sumber energi menjadi sebuah pendorong terciptanya teknologi terbarukan yang ramah lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan energi terbarukan yang ramah lingkungan yaitu dengan menggunakan sel surya. Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki potensi energi surya dengan besar radiasi penyinaran 4,80 kWh/m2/hari. Penyinaran matahari setiap waktunya dapat berbeda dikarenakan berbagai hal seperti terhalangnya sinar matahari akibat awan, intensitas matahari dari terbit sampai tenggelam, terjadinya mendung saat musim hujan, dan adanya kabut di daerah tertentu menyebabkan tingkat penyinaran energi surya berbeda-beda menyebabkan daya keluaran dari sel surya bervariasi dan tidak maksimal. Untuk itu dibutuhkan sebuah alat kontrol yang dapat menstabilkan energi keluaran dari sel surya yang disebut dengan Solar Charge Controller (SCC). Penelitian ini dilakukan untuk menegetahui nilai keluaran daya, tegangan, dan arus dari SCC tipe PWM dan MPPT, lalu untuk mengetahui nilai efisiensinya, serta untuk membandingkan tipe SCC yang lebih baik digunakan. Data sampel tegangan dan arus sel surya diambil di lapangan dari pukul 13.00 – 15.32, hal ini dikarenakan pada saat jam tersebut sinar matahari mencapai intensitas yang maksimal. Setelah didapatkan data lalu dilakukan analisis dengan metode simulasi menggunakan MATLAB. Nilai efisiensi rata-rata pada SCC tipe PWM yaitu sebesar 172 %. Sedangkan nilai efisiensi ratarata pada SCC tipe MPPT yaitu sebesar 177 %. Didapatkan nilai daya, tegangan, dan arus yang dihasilkan SCC tipe MPPT sebesar 6,23 watt, 12,39 volt, 4,9 ampere dan SCC tipe PWM 6,04 watt, 12,16 volt, 4,8 ampere . Dengan demikian SCC MPPT lebih efisien digunakan sebagai Solar Charge Controller.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Solar Charge Controller, PWM, MPPT
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 12 Sep 2021 02:27
Last Modified: 12 Sep 2021 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46036

Actions (login required)

View Item View Item