PENGARUH KONTROL KELUARGA TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN


Muhammad Taufik Hidayat, NIM 7311413116 (2020) PENGARUH KONTROL KELUARGA TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONTROL KELUARGA TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN] PDF (PENGARUH KONTROL KELUARGA TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Perusahaan keluarga, Kontrol Keluarga, Family Ownership, Family Generation, Family Member. Kebijakan dividen menjadi salah satu pertimbangan investor dalam mengambil keputusan investasi. Investor sebagai principle mengharapkan tingkat dividen yang tinggi sedangan manajemen perusahaan sebagai agent berusaha untuk mempertahankan kepentingan dalam memanfaatkan free cash flow unruk kepentingan perusahaan. Pada perusahan keluarga terdapat keterlibatan keluarga baik sebagi priciple atau agent sehingga perusahaan keluarga mempunyai pengaruh dalam perusahaan dalam berbagai aspek termasuk dalam kebijakan dividen. Objek penelitian ini adalah perushaan keluarga yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sampel dari penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan menerapkan kriteria-kriteria tertentu sehinga didapat sampel dalam penelitian sebanyak 20 perusahaan. Teknik yang digunakan yaitu analisis linier berganda. Data yang digunakan berupa data dari laporan tahunan perusahaan selama lima tahun yang diperoleh dari laman resmi perusahaan terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa family ownership berpengaruh berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Famili generation berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen. Family member berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang dikontrol oleh keluraga cenderung lebih banyak membayarkan dividen. Saran bagi perusahaan yaitu lebih memperhatikan kepentingan dari berbagai pihak dalam mengambil kebijakan dividen. Saran bagi investor yaitu lebih diperhatikan keluarga yang terlibat dari perusahaan keluarga tersebut dalam mengambil keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Perusahaan keluarga, Kontrol Keluarga, Family Ownership, Family Generation, Family Member.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 17:47
Last Modified: 11 Sep 2021 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46022

Actions (login required)

View Item View Item