IMPLEMENTASI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN DI PERGURUAN TINGGI


Mashuri, NIM 7111416025 (2021) IMPLEMENTASI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN DI PERGURUAN TINGGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN DI PERGURUAN TINGGI] PDF (IMPLEMENTASI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN DI PERGURUAN TINGGI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Transportasi Berkelanjutan, Jalur pedestrian, Jalur sepeda, Transportasi umum massal/bus kampus, tempat parkir Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi serta prioritas strategi transportasi berkelanjutan di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan data sekunder dan data primer. Alat analisis yang digunakan adalah gap analisis yang digunakan untuk menganalisis implementasi transportasi berkelanjutan dan Analytical Hierarchy Process (AHP) yang digunakan untuk menentukan prioritas strategi dalam upaya pengembangan implementasi transportasi berkelanjutan di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi transportasi berkelanjutan di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro dalam kategori masih buruk dengan persentase penerapan 37,5%. Nilai performa jalur pedestrian mendapat persepsi sebesar 41,64%, jalur sepeda sebesar 32,08%, transportasi umum massal/bus kampus sebesar 50,24% dan tempat parkir sebesar 40,80%. Kemudian hasil analisis menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) menunjukkan bahwa urutan prioritas strategi peningkatan implementasi transportasi berkelanjutan di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro yang pertama adalah peningkatan kualitas lingkungan dengan nilai bobot sebesar 0,364 kemudian pengembangan sarana dan prasarana dengan bobot nilai 0,358 dan kebijakan universitas dengan bobot nilai 0,278. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa implementasi transportasi berkelanjutan di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro belum cukup baik begitu juga dengan performa dari fasilitas transportasi berkelanjutan yang masih harus terus ditingkatkan. Kemudian prioritas strategi implementasi transportasi berkelanjutan di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro adalah peningkatan kualitas lingkungan pada kriteria pengelolaan tata sirkulasi transportasi internal kampus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Transportasi Berkelanjutan, Jalur pedestrian, Jalur sepeda, Transportasi umum massal/bus kampus, tempat parkir
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:26
Last Modified: 10 Sep 2021 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45933

Actions (login required)

View Item View Item