PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS IV SD SEDABIN VI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Triana Pebriyani, 1401416339 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS IV SD SEDABIN VI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS IV SD SEDABIN VI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES] PDF (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS IV SD SEDABIN VI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tanda keberhasilan proses belajar yaitu dapat dilihat dengan perolehan hasil belajar siswa. Hasil belajar seni rupa siswa kelas IV SD se-Dabin VI Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes masih belum maksimal. Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas IV SDN se-Dabin VI Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan jenis proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, angket dan dokumen Penilaian Akhir Semester (PAS) seni rupa. Analisis deskriptid menggunakan skala-5 serta nilai indeks. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji auto korelasi. Uji hipotesis terdiri dari analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, uji determinasi dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar seni rupa siswa sebesar 11, 2% dengan thitung > ttabel (3,963 > 1,979) dan nilai korelasinya 0,334(2) Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar seni rupa sebesar 22,4 dengan thitung > ttabel (6,009 > 1,979) dan nilai korelasinya 0,473(3) Terdapat pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar seni rupa sebesar 22,9% dengan Fhitung > Ftabel (18,379 > 3,069) (4) Terdapat hubungan kompetensi profesional guru terhadap fasilitas belajar rhitung > rtabel (0,591 > 0,159). Nilai korelasi sederhana sebesar 0,591 yang berada pada tingkat hubungan sedang. Saran penelitian yaitu (1) siswa lebih bijak dalam menggunakan fasilitas belajar (2) guru lebih bisa lagi mengembangkan kompetensi profesional guru (3) pihak sekolah lebih bisa menyediakan fasilitas belajar yang memadai dan yang dibutuhkan guru dan siswa saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar, hasil belajar seni rupa, kompetensi profesional guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:11
Last Modified: 10 Sep 2021 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45931

Actions (login required)

View Item View Item