KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS PATTIMURA KEBUMEN


Sri Suryani, 1401416355 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS PATTIMURA KEBUMEN. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS PATTIMURA KEBUMEN] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS PATTIMURA KEBUMEN)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Menurut Perturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013, pembelajaran diselenggrakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Namun kenyataannya guru hanya terbiasa dengan model direct instruction dengan media gambar sehingga hasil belajar matematika kelas V SDN Gugus Pattimura Kebumen masih rendah. Guru seharusnya menggunakan model dan alat peraga pembelajaran yang tepat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah menggunakan model discovery learning berbantuan alat peraga kubus satuan lebih efektif dibandingkan model direct instruction berbantuan media gambar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model discovery learning berbantuan alat peraga kubus satuan terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Gugus Pattimura Kebumen. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design dengan populasi siswa kelas V SDN Gugus Pattimura Kebumen. Hasil pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu SDN Sidomukti sebagai kelas eksperimen, SDN Sidorejo sebagai kelas kontrol dan SDN Peneket sebagai kelas uji coba. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Sedangkan variabel bebasnya adalah model discovery learning berbantuan alat peraga kubus satuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model discovery learning berbantuan alat peraga kubus satuan lebih efektif dibandingkan dengan model direct instruction berbantuan media gambar. Ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75%. Rata-rata hasil belajar menggunakan model discovery learning berbantuan alat peraga kubus satuan lebih dari rata-rata hasil belajar menggunakan model direct instruction berbantuan media gambar. Hasil N-Gain kelas eskperimen sebesar 0,68 dan kelas kontrol sebesar 0,53. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan alat peraga kubus satuan lebih efektif dibandingkan model direct instruction berbantuan media gambar. Saran dari penelitian ini yaitu penggunaan model discovery learning berbantuan alat peraga kubus satuan dalam pembelajaran di kelas sebaiknya dapat memberikan pengalaman langsung sehingga pembelajaran lebih bermakna dengan menemukan konsep matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discovery learning; kubus satuan; matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:03
Last Modified: 10 Sep 2021 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45926

Actions (login required)

View Item View Item