KINETIKA PERTUMBUHAN Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA VINASSE DENGAN PENAMBAHAN NUTRISI GUILLARD


Fatkhulil Jannah Eva Agustina, 5213416051 (2020) KINETIKA PERTUMBUHAN Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA VINASSE DENGAN PENAMBAHAN NUTRISI GUILLARD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KINETIKA PERTUMBUHAN Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA VINASSE DENGAN PENAMBAHAN NUTRISI GUILLARD] PDF (KINETIKA PERTUMBUHAN Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA VINASSE DENGAN PENAMBAHAN NUTRISI GUILLARD) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bioetanol adalah salah satu sumber energi alternatif terbarukan yang dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar energi fosil yang renewable dan eco-friendly. Penelitian mengenai pemanfaaatan mikroalga menjadi bioetanol berkembang dengan pesat, salah satu mikroalga yang berpotensi adalah Chlorella pyrenoidosa. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menurunkan biaya produksi bioetanol dari mikroalga. Salah satunya dengan memanfaatkan limbah vinasse sebagai media pertumbuhan mikroalga. Tujuan dari penelitian ini untuk mempelajari pengaruh konsentrasi vinasse dan penambahan nutrisi guillard secara berkala terhadap parameter kinetika pertumbuhan Chlorella pyrenoidosa (laju pertumbuhan spesifik dan waktu penggandaan sel). Budidaya Chlorella pyrenoidosa dalam media vinasse dilakukan selama 20 hari dalam mini open pound dengan penyinaran lampu 52 watt (3280 lumen) selama 24 jam pada suhu ruangan serta diaerasi menggunakan fresh air sebagai sumber CO2 melalui aerator dengan kecepatan 2x3 L/menit dan tekanan 2x0,015 MPa. Media vinasse digunakan dengan variasi konsentrasi vinasse 20% v/v dan 30% v/v tanpa dan dengan penambahan nutrisi guillard secara berkala. Perhitungan parameter kinetika pertumbuhan (laju pertumbuhan spesifik dan waktu penggandaan sel) dilakukan dengan mengolah data densitas optik hasil pengamatan selama budidaya berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi vinasse dan penambahan nutrisi guillard secara berkala berpengaruh terhadap parameter kinetika pertumbuhan. Laju pertumbuhan spesifik tercepat dan waktu penggandaan tersingkat dicapai pada media vinasse 30% v/v dengan penambahan nutrisi, dengan nilai laju pertumbuhan spesifik sebesar 0,0912/hari dan waktu penggandaan sel selama 7,6 hari. Sebaliknya, laju pertumbuhan spesifik dan waktu penggandaan pada media vinasse 30% v/v tanpa penambahan nutrisi sangat lambat, dengan nilai laju pertumbuhan spesifik sebesar 0,0288/hari dan waktu penggandaan sel selama 24,07 hari. Untuk itu, bila kedepannya vinasse ingin dijadikan sebagai media tumbuh C. pyrenoidosa dalam skala lebih besar, maka penelitian menggunakan media vinasse dibawah konsentrasi 30% v/v perlu dilakukan untuk mengetahui konsentrasi optimum untuk pertumbuhan C. pyrenoidosa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chlorella pyrenoidosa, laju pertumbuhan spesifik, nutrisi guillard, vinasse, waktu penggandaan.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:38
Last Modified: 10 Sep 2021 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45885

Actions (login required)

View Item View Item