ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KEDELAI


Naufal Fasifika, 7111415090 (2020) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KEDELAI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KEDELAI] PDF (ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KEDELAI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Efisiensi, faktor produksi, usahatani Kedelai. Kedelai memiliki banyak manfaat dam memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Kabupaten Grobogan merupakan salah satu sentra produksi kedelai dengan hasil produksi terbesar di Indonesia. Namun tahun 2013 hingga 2018 produktivitas usahatani kedelai mengalami tren penurunan sebesar 4,3 kuintal per hektare. Hasil observasi awal di lapangan menunjukan bahwa kelangkaan benih berkualitas dan pestisida yang semakin mahal menjadi penyebab menurunya produktivitas. Hal ini menunjukan bahwa petani kedelai dalam penggunaan faktor – faktor produksi belum efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor – faktor produksi terhadap produksi usahatani kedelai di Kabupaten Grobogan, dan mengetahui dan menganalisis tingkat pencapaian efisiensi teknis, harga, dan ekonomi pada produksi kedelai di Kabupaten Grobogan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu sampel diperoleh berdasarkan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tersebut dipilih kecamatan dengan jumlah produksi kedelai terbanyak yaitu Kecamatan Pulokulon. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsi produksi Cobb Douglas dengan pendekatan frontier. Menghitung efisiensi menggunakan alat bantu analisis aplikasi Frontier 4.1. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua faktor produksi berpengaruh nyata terhadap usahatani kedelai. Nilai efisiensi teknis, harga, dan ekonomi masing – masing sebesar 0,823, 4,697, dan 3,856. Hasil perhitungan menunjukan bahwa penggunaan faktor produksi dalam usahatani kedelai belum efisien secara teknis, harga, dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Efisiensi, faktor produksi, usahatani Kedelai.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 15:54
Last Modified: 09 Sep 2021 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45871

Actions (login required)

View Item View Item