PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LINGKUNGAN USAHA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA MELALUI CITRA KOPERASI DI KUD MEKAR UNGARAN
Fifi Alvianti, NIM 7101416239 (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LINGKUNGAN USAHA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA MELALUI CITRA KOPERASI DI KUD MEKAR UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LINGKUNGAN USAHA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA MELALUI CITRA KOPERASI DI KUD MEKAR UNGARAN)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Lingkungan Usaha, Citra Koperasi dan Partisipasi Anggota Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan dan lingkungan usaha terhadap citra koperasi, (2) pengaruh kualitas pelayanan, lingkungan usaha dan citra koperasi terhadap partisipasi anggota, (3) pengaruh kualitas pelayanan dan lingkungan usaha terhadap partisipasi anggota melalui citra koperasi sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah anggota KUD Mekar Ungaran sejumlah 4071 dan diperoleh sampel 98 orang menggunakan area random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket atau kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis dekriptif, uji asumsi klasik, uji t, uji jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian diperoleh analisis deskriptif kualitas pelayanan termasuk dalam kriteria baik, lingkungan usaha termasuk dalam kriteria baik, citra koperasi termasuk dalam kriteria baik dan partisipasi anggota termasuk dalam kriteria baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap citra koperasi sebesar 5,80%. Ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan usaha terhadap citra koperasi sebesar 7,29%. Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota sebesar 4,16% dan besar pengaruh total 11,36%. Ada pengaruh lingkungan usaha terhadap partisipasi sebesar 4,57% dan besar pengaruh total 12,64%. Ada pengaruh citra koperasi terhadap partisipasi anggota sebesar 8,94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan lingkungan usaha melalui citra koperasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota baik secara langsung maupun tidak langsung. Saran yang diberikan untuk manajemen koperasi dengan kualitas pelayanan, lingkungan usaha dan citra koperasi yang sudah baik untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan sehingga dapat menumbuhkan kesetiaan anggota dalam bentuk penggunaan jasa yang disediakan oleh koperasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Lingkungan Usaha, Citra Koperasi dan Partisipasi Anggota |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 03:32 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45837 |
Actions (login required)
View Item |