KEEFEKTIFAN MODEL LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDIN REMBANG


Fani Kurnia Ardilasari, 1401416006 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDIN REMBANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDIN REMBANG] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDIN REMBANG)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian melalui hasil observasi, wawancara, dan data dokumen berupa hasil belajar di kelas IV SDN Gugus Hasanudin Rembang didapatkan guru lebih banyak menggunakan model Direct Instruction, pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa cenderung pasif, dan media yang digunakan berupa gambar yang kurang memenuhi persyaratan sebagai media. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan penggunaan model Listening Team berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Hasanudin Rembang? Tujuan penelitian ini yaitu menguji penggunaan model Listening Team berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Hasanudin Rembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Hasanudin Rembang sebanyak 148 siswa dengan sampel 25 siswa kelas IV SDN 1 Babadan sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas IV SDN Kuangsan sebagai kelas kontrol dengan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji n-gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,7 sedangkan kelas kontrol hanya 51,3. Pengamatan aktivitas siswa melalui lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 81% sedangkan kelas kontrol hanya 54%. Hasil uji hipotesis dengan uji independent sample t-test menunjukkan thitung = 7,103 > ttabel = 2,011 maka H0 ditolak yang berarti model Listening Team berbantuan media audiovisual lebih efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV. Pembelajaran dengan model Listening Team sebaiknya direncanakan dengan mempersiapkan media pendukung dan diperlukan interaksi yang baik antara guru dengan siswa sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual; hasil belajar; IPS; keefektifan; Listening Team.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:43
Last Modified: 09 Sep 2021 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45793

Actions (login required)

View Item View Item