PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Estu Mugi Rahayu, 1401416040 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG] PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran di sekolah dikatakan berhasil apabila tujuan instruksional pembelajaran dapat dicapai oleh siswa. Pencapaian tujuan dapat diketahui dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional merupakan faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar siswa, termasuk hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 418 siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 205 siswa. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Variabel pada penelitian ini meliputi kompetensi pedagogik (X1), kompetensi profesional (X2), dan hasil belajar matematika (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 11%; (2) terdapat pengaruh signifikan kompetensi profesional terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 11%; (3) terdapat pengaruh signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terhadap hasil belajar matematika sebesar 15,2%. Berdasarkan hasil penelitian, guru disarankan dapat menggunakan strategi pembelajaran yang efektif dan variatif. Pihak sekolah disarankan dapat mendukung upaya guru untuk menerapkan kompetensi guru dalam pelaksanaan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:39
Last Modified: 09 Sep 2021 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45789

Actions (login required)

View Item View Item