PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PATI


Marlin Aghata, NIM 7101416162 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PATI] PDF (PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Kompetensi Pustakawan, Fasilitas Perpustakaan, Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan. Pelayanan merupakan hal terpenting dalam membentuk citra perpustakaan di mata masyarakat. Hal ini disebabkan karena pelayanan merupakan kegiatan utama yang terjadi antara pustakawan dan pemustaka yang memiliki tujuan mencari informasi, berita, serta buku-buku sumber pengetahuan di perpustakaan. Sehingga penting dilakukannya optimalisasi dan profesionalitas kerja pustakawan, terutama dalam bidang kompetensi pustakawan, fasilitas perpustakaan, serta komunikasi interpersonal pustakawan terhadap pemustaka demi mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pustakawan, fasilitas perpustakaan, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati secara simultan maupun parsial. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemustaka pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati tahun 2020. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan menggunakan rumus iteracy, didapatkan responden sejumlah 116 pemustaka. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Sementara metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah Y = 5,900 + 0,358X1 + 0,568X2 + 0,208X3 + e. Besarnya pengaruh secara simultan antara kompetensi pustakawan, fasilitas perpustakaan, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati sebesar 48,0%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar adalah fasilitas perpustakaan yaitu sebesar 14,51%, sedangkan kompetensi pustakawan memberikan pengaruh sebesar 12, 67% dan komunikasi interpersonal memberikan pengaruh sebesar 7, 67%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kompetensi pustakawan, fasilitas perpustakaan, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitian ini adalah pustakawan perlu meningkatkan kesadaran dalam membantu ataupun menawarkan bantuan kepada pemustaka yang kesulitan menemukan koleksi, perlunya penambahan koleksi dan peningkatan keamanan loker penitipan barang, penambahan koleksi, serta hendaknya lebih resposif terhadap kebutuhan pemustaka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kompetensi Pustakawan, Fasilitas Perpustakaan, Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 00:13
Last Modified: 09 Sep 2021 00:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45776

Actions (login required)

View Item View Item