PENGARUH EFIKASI DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL,DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 16 SEMARANG


Mashuroh, 7101416131 (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL,DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL,DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 16 SEMARANG] PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL,DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 16 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, Gaya Mengajar Guru, Berpikir Kritis. Salah satu tujuan pendidikan adalah mendidik siswa menjadi pribadi yang kritis sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan hasil UN 2019, SMA N 16 mendapatkan nilai UN Ekonomi terendah di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kecerdasan emosional, dan gaya mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 16 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 16 Semarang berjumlah 102 siswa. Teknik pengambilan sampel Proporsional Simple Random Sampling, dengan sampel berjumlah 81 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa 36,36%, kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan 26,8%, dan gaya mengajar guru berpengaruh positif signifikan 25,20%, dan sisanya sebesar 11,64% dipengaruhi faktor lain diluar model yang tidak diteliti oleh peneliti. Pihak sekolah hendaknya memberikan pelatihan kepada siswa untuk meningkatkan efikasi diri dan kecerdasan emosional, maupun kepada guru berupa pelatihan mengenai mengajar. Guru memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa serta mengasah keterampilan mengajar. Siswa diharapkan banyak latihan soal HOTS, yakin akan kemampuan yang dimiliki dan memiliki motivasi belajar tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, Gaya Mengajar Guru, Berpikir Kritis.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:13
Last Modified: 08 Sep 2021 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45748

Actions (login required)

View Item View Item