PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES
Kamila Zahra Afqori, NIM 7101416037 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci : Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kerja, Komunikasi Interpersonal, Kulitas Pelayanan Kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai kepada masyarakat merupakan tolak ukur sikap bagi organisasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan administrasi di Kantor Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian adalah seluruh masyarakat Kecamatan Bumiayu. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling dan didapatkan 115 responden. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Terdapat empat variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu Kompetensi Pegawai (X1), Fasilitas Kerja (X2), Komunikasi Interpersonal (X3) dan Kualitas Pelayanan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda adalah Y = 4,663 + 0,467 X1 + 0,281 X2 + 0,320 X3 + e. Besarnya pengaruh secara simultan antara kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan sebesar 42,4%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kualitas pelayanan adalah kompetensi pegawai sebesar 34,6%. Sedangkan pengaruh variabel fasilitas kerja tehadap kualitas pelayanan sebesar 6,9%, dan pengaruh variabel komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan sebesar 16%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara positif dan signifikan antara kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan administrasi di Kantor Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Saran dari penelitian ini yaitu: 1) Perlu adanya pelatihan bagi pegawai dalam penggunaan peralatan kantor untuk menunjang kualitas pelayanan yang baik. 2) Perlu adanya penambahan petugas kebersihan atau penambahan jam kerja pada petugas kebersihan di Kantor Kecamatan Bumiayu dan kerjasama dengan pegawai untuk saling membantu menjaga kebersihan. 3) Perlu adanya monitoring harian oleh Camat atau Sekretaris Camat terhadap petugas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kerja, Komunikasi Interpersonal, Kulitas Pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 03:23 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 03:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45726 |
Actions (login required)
View Item |