FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN (DEMAND) MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS UNGARAN KABUPATEN SEMARANG
Yana Hamidah, 6411416105 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN (DEMAND) MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN (DEMAND) MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS UNGARAN KABUPATEN SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Jumlah kunjungan rawat jalan di Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang mengalami penurunan selama 3 tahun berturut-urut. Pada tahun 2016 jumlah pengunjung rawat jalan berjumlah 27.993 pengunjung (77,1%), pada tahun 2017 turun menjadi 26.227 pengunjung (69,6%) dan pada tahun 2018 menurun lagi menjadi 24.983 pengunjung (69,1%). Sedangkan cakupan kunjungan rawat jalan di Sarana Pelayanan Kesehatan Dasar (Puskesmas) dan Pelayanan Kesehatan Rujukan (Rumah Sakit) di Kabupaten Semarang mengalami kenaikan dari tahun 2017 sebesar 61,9% menjadi 72,07% di tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan (demand) masyarakat terhadap pelayanan kesehatan rawat jalan pada Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel yang ditetapkan sebesar 95 responden dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji rank spearman. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi permintaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Ungaran adalah faktor tingkat pendidikan p value = 0,024), jenis kelamin (Sig. (2-tailed)= 0,017), pendapatan (Sig. (2-tailed)= 0,023), jarak (Sig. (2-tailed)= 0,000), kelengkapan sarana (Sig. (2-tailed)= 0,032), dan kepuasan (Sig. (2-tailed)= 0,036) karena nilai signifikansi 2.tailed < 0,05. Saran penelitian ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap status kesehatan yang dimiliki dengan melakukan penyuluhan agar permintaan terhadap pelayanan kesehatan meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permintaan, Puskesmas, Ungaran |
Subjects: | O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 03:17 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 03:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45725 |
Actions (login required)
View Item |