PENGARUH FASILITAS KANTOR, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG


Fuad Bawazir, NIM 7101415388 (2021) PENGARUH FASILITAS KANTOR, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS KANTOR, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG] PDF (PENGARUH FASILITAS KANTOR, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Fasilitas Kantor , Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam kegiatan dibidang jasa. Kualitas pelayanan apabila dikelola dengan tepat akan berkontribusi positif terhadap terwujudnya kepuasan dan loyalitas masyarakat. Berdasarkan hasil observasi awal, terdapat indikator yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di kantor kecamatan masih rendah dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti Fasilitas kantor, kompetensi pegawai, dan Disiplin Kerja. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh Fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan, 2) untuk mengetahui pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan, 3) untuk mengetahui pengaruh Disiplin Kerja terhadap kualitas pelayanan, dan 4) untuk mengetahui pengaruh Fasilitas kantor, kompetensi pegawai, dan Disiplin Kerja terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah penggunaan layanan di Kantor Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang selama dilakukan penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus iterative yaitu 115 responden. Metode pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS 21.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda yaitu KL = 8,412 + 0,229Fk + 0,445KP + 0,627 DK + e. Hasil uji secara simultan menghasilkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel Fasilitas kantor, kompetensi pegawai, dan Disiplin Kerja terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang sebesar 55,1%. Uji parsial menghasilkan pengaruh variabel Fasilitas kantor sebesar 10,3%, kompetensi pegawai sebesar 8,6%, dan Disiplin Kerja sebesar 6,5%. Simpulan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh positif dan signifikan antara Fasilitas kantor, kompetensi pegawai, dan Disiplin Kerja terhadap kualitas pelayanan dilihat secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah 1) fasilitas seperti nomer antrian perlu diberikan supaya antrean lebih tertata 2) Pegawai perlu adanya pelatihan keterampilan komputer yang diadakan didalam atau diluar kantor sehingga menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan pegawai. 3) Pegawai sebaiknya dalam melayani pengunjung menerapkan A3 (attitude, action, attention).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fasilitas Kantor , Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:53
Last Modified: 08 Sep 2021 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45719

Actions (login required)

View Item View Item