PENGEMBANGAN LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) BERBASIS SINTAKS QUANTUM LEARNING TERINTEGRASI APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR


Imaddudin Ikhsan, 4201416059 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) BERBASIS SINTAKS QUANTUM LEARNING TERINTEGRASI APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) BERBASIS SINTAKS QUANTUM LEARNING TERINTEGRASI APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR] PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) BERBASIS SINTAKS QUANTUM LEARNING TERINTEGRASI APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar diskusi siswa yang berbasis sintaks quantum learning dan terintegrasi dengan aplikasi quizizz yang dapat digunakan sebagai media bantu dalam pembelajaran fisika pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Data yang diambil dari penelitian ini berupa data uji validasi kelayakan dan angket respon dari guru fisika SMA dan mahasiswa Pendidikan fisika. Penelitian inii merupakani penelitian research and development (R&D) yang menggunakan prosedur 3D (Define, Design, Develop) yang diambil dari model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) oleh Thiagarajan. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan didapatkan hasil uji validasi kelayakan isi sebesar 84,5% dalam kategori layak, kelayakan penyajian sebesar 93,75% dalam kategori sangat layak, kelayakan media sebesar 96,87% dalam kategori sangat layak, kelayakan Bahasa sebesar 83,30% dalam kategori layak, dan rata-rata pada semua kategori sebesar 89,60% dalam kategori sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa LDS dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Data respon dari guru fisika SMA sebesar 81,12% yang termasuk kedalam kategori respon positif, dan respon dari mahasiswa sebesar 88,11% dalam kategori sangat positif, hal ini menunjukkan bahwa guru dan mahasiswa menilai LDS yang dikembangkan adalah produk yang baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar diskusi siswa (LDS), quantum learning, pemahaman siswa, respon
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:21
Last Modified: 08 Sep 2021 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45707

Actions (login required)

View Item View Item