PENGARUH SELF EFFICACY, SELF CONTROL, KESEMPATAN, TEMAN SEBAYA, DAN SIKAP TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021


Zaerotus Sakdiyah, 7101413426 (2020) PENGARUH SELF EFFICACY, SELF CONTROL, KESEMPATAN, TEMAN SEBAYA, DAN SIKAP TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SELF EFFICACY, SELF CONTROL, KESEMPATAN, TEMAN SEBAYA, DAN SIKAP TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021] PDF (PENGARUH SELF EFFICACY, SELF CONTROL, KESEMPATAN, TEMAN SEBAYA, DAN SIKAP TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Self Efficacy, Self Control, Kesempatan, Teman Sebaya, Sikap, Kecurangan Akademik Kecurangan akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya self efficacy, self control, kesempatan, teman sebaya, dan sikap. Hasil dari observasi awal menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS SMA Teuku Umar Semarang rata-rata pernah melakukan kecurangan akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari self efficacy, self control, kesempatan, teman sebaya, dan sikap terhadap kecurangan akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 103 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kecurangan akademik dalam kategori rendah, self efficacy dalam kategori tinggi, self control dalam kategori tinggi, kesempatan dalam kategori rendah, teman sebaya dalam kategori rendah dan sikap dalam kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif self efficacy terhadap kecurangan akademik, terdapat pengaruh negatif self control terhadap kecurangan akademik, terdapat pengaruh positif kesempatan terhadap kecurangan akademik, terdapat pengaruh positif teman sebaya terhadap kecurangan akademik, dan terdapat pengaruh positif sikap terhadap kecurangan akademik. Disimpulkan bahwa kesempatan, teman sebaya, sikap berpengaruh positif terhadap kecurangan akademik siswa, serta self efficcay, self control berpengaruh negatif terhadap kecurangan akademik siswa. Diharapkan siswa mampu menanamkam nilai kejujuran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pihak sekolah terutama guru perlu untuk meningkatkan pengawasan agar dapat meminimalisir kecurangan akademik pada proses pembelajaran maupun ujian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Self Efficacy, Self Control, Kesempatan, Teman Sebaya, Sikap, Kecurangan Akademik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:02
Last Modified: 07 Sep 2021 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45677

Actions (login required)

View Item View Item