EFEKTIVITAS PEMUTARAN FILM JENDERAL SOEDIRMAN TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Nani Sugiharti, 3101415026 (2020) EFEKTIVITAS PEMUTARAN FILM JENDERAL SOEDIRMAN TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101415026 - nani sugiharti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sugiharti, Nani. 2020. Efektivitas Pemutaran Film Jenderal Soedirman Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Andy Suryadi S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Film Jenderal Soedirman, Kesadaran Sejarah, Pembelajaran sejarah Kesuksesan pendidikan dapat didukung melalui pendidikan karakter dimana salah satunya dengan cara meningkatkan kesadaran sejarah siswa. Pemutaran film Jenderal Soedirman merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa. Dengan meneladani nilai-nilai perjuangan Jenderal Soedirman dalam memimpin Perang Gerilya, siswa diharapkan dapat lebih mencintai tanah air dan lebih sadar akan sejarah bangsa Indonesia. Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan, tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui tinggi tingkat kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa yang tidak diputarkan film Jenderal Soedirman. (2) Mengetahui tinggi tingkat kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa yang diputarkan film Jenderal Soedirman. (3) Mengetahui perbedaan tingkat kesadaran sejarah siswa antara yang tidak diputarkan film Jenderal Soedirman dengan yang diputarkan film Jenderal Soedirman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design. Lokasi penelitian di SMA Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, angket, dan skala pengukuran. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reabilitas alat. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS 2 yang tidak diputarkan film Jenderal Soedirman indeks persentase rata-ratanya yaitu 76,51%. (2) Tingkat kesadaran sejarah siswa XI IPS 3 yang diputarkan film Jenderal Soedirman memiliki presentase rata-rata 80,17%. (3) Terdapat perbedaan tingkat kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Islam Soedirman Ambarawa antara yang diputarkan film Jenderal Soedirrman dengan yang tidak diputarkan film Jenderal Soedirman, dimana presentase tingkat kesadaran sejarah siswa yang diputarkan film Jenderal Soedirman lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak diputarkan film Jenderal Soedirman. Dari uji regresi linear sederhana didapat bahwa setiap penambahan 1% tingkat penggunaan media film Jenderal Soedirman, maka tingkat kesadaran sejarah siswa akan meningkat sebesar 0,694. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, film Jenderal Soedirman dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa, sehingga peneliti menyarankan kepada guru sejarah huntuk memanfaatkan film Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Film Jenderal Soedirman, Kesadaran Sejarah, Pembelajaran sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:41
Last Modified: 07 Sep 2021 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45643

Actions (login required)

View Item View Item