PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS INAKTIF DI SUB BIDANG PELAYANAN PENCATATAN SIPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG
Nanik Triyani, NIM 7101413117 (2020) PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS INAKTIF DI SUB BIDANG PELAYANAN PENCATATAN SIPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS INAKTIF DI SUB BIDANG PELAYANAN PENCATATAN SIPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Pengelolaan, Arsip, Dinamis Inaktif. Arsip merupakan suatu bukti pertanggungjawaban dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga arsip perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik agar keselamatan dan keamanan arsip tersebut bisa terjamin. Sedangkan Dinamis inaktif merupakan arsip yang frekuensi penggunaannya untuk penyelenggaraan administrasi sudah menurun. Sub Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di pilih menjadi lokasi penelitian karena berdasarkan hasil observasi awal terdapat banyaknya berkas kearsipan khususnya berkas akta yang belum tertata dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan arsip dinamis inaktif di sub bidang pelayanan pencatatan sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data penelelitian diperoleh dari 4 informasn terdiri atas Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, 2 orang petugas arsip, dan 1 orang anak magang di unit bidang tersebut. Teknik penentuan informan adalah dengan menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengetahui bahwa cara pengelolaan arsip dinamis inaktif di sub bidang pencatatan sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meliputi penentuan fasilitas penyimpanan arsip inaktif, penentuan layout ruang penyimpanan arsip inaktif, pembenahan untuk arsip yang kacau pada ruang penyimpanan arsip inaktif, penataan dan penyimpanan arsip inaktif, pemeliharaan arsip inaktif, pemindahan arsip inaktif, pemusnahan arsip inaktif, pelayanan arsip inaktif, dan petugas kearsipan di unit penyimpanan arsip inaktif Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pengelolaan arsip inaktif di Sub Bidang Pelayanan dan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang belum sepenuhnya berjalan optimal, karena masih terdapat kendala-kendala yang menyebabkan kurang berjalan dengan lancamya proses pelayanan terhadap masyarakat yaitu banyaknya berkas kearsipan khususnya berkas akta yang belum tertata dengan baik sehingga mempengaruhi efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan arsip dinamis inaktif. Saran bagi pengelolaan arsip inaktif adalah untuk memprioritaskan skala kebutuhan dan merealisasikan penambahan berdasarkan rasio kebutuhan di sub Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Arsip, Dinamis Inaktif. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 06:38 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 06:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45638 |
Actions (login required)
View Item |