PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS MEDIA SOSIAL DI SMA N 12 SEMARANG
Sabri Mulya Hawari, 1102416025 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS MEDIA SOSIAL DI SMA N 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS MEDIA SOSIAL DI SMA N 12 SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasar dari pengamatan yang dilakukan di SMA N 12 Semarang, ditemukan masalah berupa menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, khususnya pada uji kompetensi Manusia Purba di Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran sebagai penunjang dalam penyampaian materi serta kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi mudah bosan terhadap mata pelajaran tersebut. Ketidak variasian penggunaan media dan model pembelajaran membuat kurang maksimalnya penyampaian materi yang berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Setelah dilakukan pengkajian peneliti menemukan media yang sesuai diterapkan pada mata pelajaran IPS uji kompetensi Manusia Purba di Indonesia adalah video animasi berbasis media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana produksi media video animasi berbasis media sosial serta seberapa efektif penggunaanya dalam menunjang pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial uji kompetensi Manusia Purba di Indonesia. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Tahapan proses penelitian ini diawali dengan pengumpulan informasi serta menganalisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan instrumen, perancangan dan pembuatan video animasi, penerapan media pada pembelajaran, dan pengujian berupa tes terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media yang dilakukan peneliti telah memenuhi syarat. Hal ini berdasar dari hasil validasi aspek Pendidikan dan Ketepatan Materi oleh ahli materi sebesar 95% dinyatakan sangat baik. Rata-rata hasil validasi pada aspek Multimedia, Tampilan, Pengalaman Pengguna, Materi, dan Pembelajaran oleh ahli media menunjukan hasil 96% dinyatakan sangat baik. Sedangkan rata-rata penilaian oleh siswa pada aspek Hasil Produk dan Keefektifan bagi Siswa 97,7% dinyatakan sangat baik. Hasil uji T dapat dinyatakan signifikan apabila t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% dan nilai p < 0,05. Nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,035 sehingga nilai signifikasi < 0,05 yakni 0,035 < 0,05. maka Ha diterima. Sedangkan hasil uji N-Gain pada media yang dikembangkan sebesar 0.46, dengan kategori sedang, sedangkan hasil efektivitas 1.59. Kesimpulannya bahwa media video animasi berbasis media sosial efektif digunakan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pengembangan Media sosial, Video Pembelajaran. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 06:31 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 06:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45569 |
Actions (login required)
View Item |