PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DENGAN ZAT ADITIF DAN VARIASI WAKTU PENGAPIAN TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR
Nanda Yusuf Pradana, 5202416071 (2020) PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DENGAN ZAT ADITIF DAN VARIASI WAKTU PENGAPIAN TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DENGAN ZAT ADITIF DAN VARIASI WAKTU PENGAPIAN TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jumlah sepeda motor yang semakin meningkat menyebabkan polusi udara yang semakin meningkat juga karena emisi gas buang sepeda motor merupakan salah satu penyebab timbulnya polusi udara. Peningkatan polusi udara dapat menurunkan kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mereduksi emisi gas buang sepeda motor yaitu dengan memberikan penambahan zat aditif pada bahan bakar dan memajukan waktu pengapian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran bahan bakar pertamax dengan zat aditif dan variasi waktu pengapian terhadap emisi gas buang sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Paramater yang diamati adalah nilai lambda, emisi karbonmonoksida, emisi hidrokarbon dan emisi karbondioksida pada variasi penambahan zat aditif 0, 1, 3 dan 5 ml dan waktu pengapian 5°, 7°, 9°. RPM yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1700 RPM/kondisi idle. Sepeda motor yang digunakan yaitu Vario 125 PGM FI ESP serta menggunakan ECU BRT Juken 5 yang terkoneksi dengan laptop untuk pengaturan waktu pengapian. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dimana data hasil penelitian yang berupa tabel diubah menjadi grafik untuk kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penambahan zat aditif pada pertamax dapat menurunkan emisi gas buang. Hal ini terjadi karena penambahan zat aditif dapat meningkatkan nilai oktan serta kandungan oksigen pada Pertamax. Pada penambahan 5 ml zat aditif dapat menurunkan emisi karbonmonoksida sebesar 14%, meningkatkan emisi karbondioksida sebesar 3% dan meningkatkan nilai lambda sebesar 4%. Sedangkan nilai hidrokarbon mengalami penurunan sebesar 2% pada penambahan 1 ml zat aditif. Variasi waktu pengapian dimajukan meningkatkan emisi gas buang hal ini terjadi karena memajukkan waktu pengapian hanya menyebabkan percikan bunga api busi terjadi lebih awal namun tekanan dan suhu pada ruang bakar tidak mengalami peningkatan serta tekanan pembakaran maksimum mengalami penurunan. Untuk memperoleh nilai emisi CO, CO2 dan lambda terbaik serta nilai emisi HC yang masih sesuai dengan standar baku mutu emisi gas buang maka disarankan menggunakan variasi campuran 5 ml octane boster.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emisi gas buang, waktu pengapian, zat aditif octane booster |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 02:22 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 02:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45535 |
Actions (login required)
View Item |