PENGARUH LATIHAN LOMPAT KATAK DAN MULTIPLE BOX TO BOX JUMP TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PETIR KABUPATEN SERANG
Muchammad Ichwal Akbar Maulana, 6101416001 (2020) PENGARUH LATIHAN LOMPAT KATAK DAN MULTIPLE BOX TO BOX JUMP TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PETIR KABUPATEN SERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH LATIHAN LOMPAT KATAK DAN MULTIPLE BOX TO BOX JUMP TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PETIR KABUPATEN SERANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Smash merupakan teknik penting dalam permainan bola voli guna menghasilkan point dengan cepat. Untuk dapat melakukan smash dengan hasil baik perlu adanya latihan khusus untuk daya ledak otot tungkai. Latihan multiple box to box jump dan latihan lompat katak merupakan latihan pliometrik dengan fungsi meningkatkan daya ledak otot tungkai. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari pengaruh mana yang lebih baik dari latihan multiple box to box jump dan latihan lompat katak terhadap hasil belajar smash bola voli pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Petir, Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two group pre test post test design”. Sampel di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok latihan multiple box to box jump dan kelompok latihan lompat katak dan masing masing kelompok diberikan perlakukan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Petir yang berjumlah 14 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan smash menggunakan tes ketepatan smash dari Nurhasan (2000). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan tarf signitifikansi < 0.05 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh latihan multiple box to box jump terhadap hasil belajar smash dengan sig. (2-tailed) sebesar 0.035 dengan tarf signitifkansi < 0.05 maka hasil keputusan hipotesis diterima. (2) tidak memiliki perbedaan yang signitifkan latihan lompat katak terhadap belajar smash dengan sig. (2-tailed) sebesar 0.212 dengan tarf signitifkansi > 0.05 maka hasil keputusan hipotesis ditolak. (3) Latihan multiple box to box jump lebih baik dibandingkan latihan lompat katak terhadap hasil belajar smash bola voli pada ekstrakurikuler di SMA Negeri1 Petir Kabupaten Serang. Kesimpulan penelitian ini adalah latihan multiple box to box jump lebih efektif dan dapat digunakan sebagai latihan pada ekstrakurikuler terhadap keberhasilan smash khususnya pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Petir Kabupaten Serang
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lompat katak, Multiple box to box jump, Hasil belajar smash. |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 01:21 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 01:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45520 |
Actions (login required)
View Item |