PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIK SIMULATOR MANIFOLD ABSOLUTE PRESSURE SENSOR DAN INJECTOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIAGNOSIS ENGINE MANAGEMENT SYSTEM


Agus Ferian Nugroho, 5202416026 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIK SIMULATOR MANIFOLD ABSOLUTE PRESSURE SENSOR DAN INJECTOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIAGNOSIS ENGINE MANAGEMENT SYSTEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIK SIMULATOR MANIFOLD ABSOLUTE PRESSURE SENSOR DAN INJECTOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIAGNOSIS ENGINE MANAGEMENT SYSTEM] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIK SIMULATOR MANIFOLD ABSOLUTE PRESSURE SENSOR DAN INJECTOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIAGNOSIS ENGINE MANAGEMENT SYSTEM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Praktik diagnosis kerusakan Engine Management System biasanya menggunakan cara mencabut soket pada sensor atau aktuator kelistrikan engine sehingga mesin bermasalah. Mencabut soket secara sering, akan menyebabkan soket rusak sehingga menjadikan wiring kelistrikan bermasalah. Pemahaman siswa terkait cara kerja Engine Management System masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media simulator yang dikembangkan, peningkatan pemahaman siswa, dan tanggapan siswa terhadap media simulator. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri lima tahapan, meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Pengujian ini menggunakan metode penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan model eksperimen one group pretest-posttest design. Jenis data berupa data kuantitatif. Analisis data menggunakan uji-t dan uji n-gain untuk mengetahui peningkatan belajar siswa. Hasil uji kelayakan, diperoleh persentase ahli media 90,91% dan 87,37% ahli materi, sehingga dinyatakan bahwa simulator “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata hasil belajar mendapat 50% pretest dan 79,67% posttest. Hasil uji-t diperoleh thitung=16,631, sehingga disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar signifikan setelah menggunakan simulator. Hasil uji n-gain didapatkan rata-rata sebesar 0,593 yang dikategorikan “sedang” pada peningkatan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan simulator. Tanggapan siswa terhadap media memperoleh persentase 96,15%, sehingga disimpulkan masuk kategori “sangat layak” digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Simulator, Engine Management System
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:10
Last Modified: 06 Sep 2021 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45517

Actions (login required)

View Item View Item