SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 KAJORAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019


Muhammad Ilham Muajib, 6101415153 (2020) SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 KAJORAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 KAJORAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019] PDF (SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 KAJORAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana minat dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 2 Kajoran. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan survei. Instrumen penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 2 Kajoran yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga berjumlah 49 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sebanyak 50% dari jumlah populasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa minat siswa secara keseluruhan terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga tergolong ke dalam kategori rendah. Siswa yang memiliki minat sangat tinggi sebanyak 4 siswa (17%), kategori tinggi 8 siswa (33%), kategori rendah 11 siswa (46%) dan kategori sangat rendah 1 siswa (4%). Sedangkan untuk motivasi siswa secara keseluruhan masuk ke dalam kategori rendah. Siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi sebanyak 1 siswa (4%), kategori tinggi 10 siswa (42%), kategori rendah 12 siswa (50%), dan kategori sangat rendah 1 siswa (4%)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:05
Last Modified: 06 Sep 2021 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45515

Actions (login required)

View Item View Item