MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SDN KEMBANGARUM 02 KOTA SEMARANG


Muhammad Sholeh, 6101415110 (2020) MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SDN KEMBANGARUM 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101415110 new - Anak _ Sholeh.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SDN KEMBANGARUM 02 KOTA SEMARANG] PDF (MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SDN KEMBANGARUM 02 KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk mengkaji siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SDN Kembangarum 02 Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SDN Kembangarum 02 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian berada di SDN Kembangarum 02 Kota Semarang. Sampel penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SDN Kembangarum 02 Kota Semarang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Pengambilan data meliputi faktor instrinsik yaitu indikator fisik, minat, bakat dan motif, faktor ekstrinsik yaitu indikator lingkungan, keluarga, sarana prasarana dan pelatih. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SDN Kembangarum 02 Kota Semarang dalam kategori Sangat Tinggi (indikator pelatih dengan jumlah skor 714 dan rata-rata 17,85, indikator minat dengan jumlah skor 699 dan rata-rata 17,47, indikator fisik dengan jumlah skor 695 dan rata-rata 17,37, indikator motif dengan jumlah skor 692 dan rata-rata 17,3, indikator lingkungan dengan jumlah skor 684 dan rata-rata 17,1, indikator sarana dan prasarana dengan jumlah skor 673 dan rata-rata 16,82, indikator keluarga dengan jumlah skor 672 dan rata-rata 16,8, indikator bakat dengan skor 632 dan rata-rata 15,8). Simpulan dari penelitian ini adalah pelatih agar selalu memberi motivasi, latihan yang baik, beragam,menarik serta mencari siswa yang mempunyai bakat dan motif yang kuat untuk dijadikan atlit agar ekstrakurikuler pencak silat bisa meraih prestasi baik di kota, jawa tengah bahkan nasional maupun internasional. Saran diharapkan agar siswa lebih semangat lagi dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat guna mengembangkan bakat yang ada sehingga pelatih bisa mengarahkan ke tahap prestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, ekstrakurikuler, pencak silat.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:44
Last Modified: 03 Sep 2021 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45504

Actions (login required)

View Item View Item