IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS OLAHRAGA DI SMP NEGERI 13 KOTA YOGYAKARTA


Rif’ah Lailatin Mentari, 6101415045 (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS OLAHRAGA DI SMP NEGERI 13 KOTA YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS OLAHRAGA DI SMP NEGERI 13 KOTA YOGYAKARTA] PDF (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS OLAHRAGA DI SMP NEGERI 13 KOTA YOGYAKARTA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi kebijakan kelas olahraga di SMP Negeri Kota Yogyakarta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Implementasi Kebijakan Kelas Olahraga di SMP Negeri 13 Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah atau penanggung jawab kelas olahraga, koordinator, bendahara, pelatih, dan siswa kelas olahraga SMP Negeri 13 Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kebijakan kelas olahraga dimandatkan oleh Walikota Yogyakarta, implementasi kebijakan kelas olahraga belum sepenuhnya sesuai dengan panduan pelaksanaan kelas olahraga dapat dilihat dari belum adanya fasilitas khusus untuk kelas olahraga, minimnya dana, kurangnya pengawasan dari pemerintah, sehingga bisa menghambat tercapainya tujuan kelas olahraga di SMP Negeri 13 Kota Yogyakarta. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kelas olahraga di SMP Negeri 13 Kota Yogyakarta sudah cukup sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh semua pelaku kelas olahraga, namun ada beberapa hal yang harus ditingkatkan supaya kelas olahraga bisa berjalan lebih maksimal. Saran dari peneliti kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta supaya memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana yang masih kurang supaya tidak menghambat kegiatan latihan kelas olahraga. Bagi pengurus dan guru mata pelajaran siswa kelas olahraga di sekolah supaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelajaran akademik siswa kelas olahraga dan sebaiknya dalam mengajar akademik siswa kelas olahraga guru menambahkan sedikit unsur olahraga didalamnya supaya menarik perhatian siswa. Bagi pelatih agar sedikit lebih tegas kepada atlet supaya mental atlet menjadi tambah kuat. Bagi siswa kelas olahraga agar lebih bersemangat dan gigih dalam berlatih supaya menghasilkan prestasi yang tinggi dan mampu membawa nama baik sekolah maupun Provinsi DIY dalam kancah Internasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan kelas olahraga, SMP
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:30
Last Modified: 03 Sep 2021 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45502

Actions (login required)

View Item View Item