PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK SISTEM SUSPENSI MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 2 KENDAL


Anang Khairur Rahman, 5202413066 (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK SISTEM SUSPENSI MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 2 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK SISTEM SUSPENSI MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 2 KENDAL] PDF (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK SISTEM SUSPENSI MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 2 KENDAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan modul elektronik, mengetahui peningkatan hasil belajar, dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan modul elektronik sistem suspensi yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan dan penelitian (Research dan Development/R&D). Sampel uji coba dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan siswa kelas XI TKR SMKN 2 Kendal sebanyak 64 orang. Penelitian ini menggunakan uji coba Quasi Experimental Desain dengan Nonequivalent Control Group Design. Hasil uji coba ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 86,84% dan memperoleh kriteria Sangat Layak, sedangkan hasil uji coba ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 72,10 % dan memperoleh kriteria Layak. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 14,84% untuk kelompok kontrol dan 31,17% untuk kelompok eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung -1.617 untuk pretest yang berarti tidak ada perbedaan nilai pretest antara kelas kontrol dan eksperimen sedangkan hasil thitung untuk posttest sebesar 8,07 yang berarti ada perbedaan nilai posttest antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil perhitungan uji n-gain memperoleh rata-rata gain sebesar 0.237 untuk kelas kontrol dan 0.478 untuk kelas eksperimen, kelas kontrol mengalami peningkatan rendah, dan kelas eksperimen mengalami peningkatan sedang. Analisis tanggapan peserta didik memperoleh persentase sebesar 87,81% dan mendapat kriteria sangat baik. Pengajar dapat mengembangkan kembali isi materi pada modul elektronik dengan menambahkan video pada materi pemeriksaan komponen dan troubleshooting sistem suspensi. Pengguna yang terlibat dalam pembelajaran (peserta didik maupun pengajar) dalam satu ruangan kelas diharapkan dapat menggunakan komputer/laptop masing- masing supaya pembelajaran lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem suspensi, R&D, modul elektronik.
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2021 00:57
Last Modified: 03 Sep 2021 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45466

Actions (login required)

View Item View Item