PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJARKOGNITIFDAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG


Alif Ajibuana Novalino, 4001416074 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJARKOGNITIFDAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJARKOGNITIFDAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJARKOGNITIFDAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan model dan media serta bahan ajar pembelajaran inovatif menyebabkan proses pembelajaran terlaksana secara optimal. Berdasarkanhasilobservasidi SMP Negeri 33 Semarang, hasil belajar peserta didik sejumlah 28 orang dari total 32 peserta didikberada di bawahnilai KKM yakni sebesar 75. Motivasipesertadidikjugaterlihatbelum maksimal.Hal ini terlihatdari masih banyak peserta didik yang tidak menuntaskan tugas sekolah yang diberikan oleh guru serta sering mengeluh bosan terhadap pembelajaran dan tugas yang diberikan oleh guru.Metode pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbingdiharapkandapat memberikan pengaruh hasil belajarkognitif dan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 33 Semarang.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design.Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil data pengaruh perbedaan menunjukkan bahwa uji t-testhasil belajar kognitif peserta didik pada data awal sebesar 0,13dan pada data akhir sebesar 0,22. Hasil analisis peningkatan signifikan pada hasil belajar kognitif menggunakan N-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen sebesar 0,40 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 0,32 dengan kriteria sedang. Hasil ini menunjukkan terdapat peningkatan meskipun tidak terlalu signifikan karena masih sama-sama berada pada kategori sedang.Hasil penelitian terkait motivasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan diketahui dari analisis penilaian motivasi belajar setiap indikator antara kelas kontrol dan eksperimen.Terlihat pada kelas kontrol dan eksperimen di awal pembelajaran memiliki motivasi belajar yang sama-sama rendah dibuktikan dengan hasil persentase rata-rata motivasi belajar peserta didik per indikator sebesar 43% pada kelas kontrol dan 45% pada kelas eksperimen. Sedangkan hasil angket motivasi belajar akhir pada kelas kontrol dan eksperimen sama-sama mengalami peningkatan namun untuk kelas kontrol masih berada pada kategori rendah sebesar 48% dan untuk kelas eksperimen mangalami peningkatan yang signifikan sebesar 78% dengan kategori tinggi.Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Kognitif, Motivasi Belajar, Getaran dan Gelombang.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:50
Last Modified: 02 Sep 2021 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45408

Actions (login required)

View Item View Item