POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF SAAT MASA PANDEMI di SMPLB SE KABUPATEN BOYOLALI


Surya Ardian Azmi Putra, 6101413122 (2020) POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF SAAT MASA PANDEMI di SMPLB SE KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF SAAT MASA PANDEMI di SMPLB SE KABUPATEN BOYOLALI] PDF (POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF SAAT MASA PANDEMI di SMPLB SE KABUPATEN BOYOLALI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang beragam mengenai pola pembelajaran penjas adaptif di SMPLB yaitu beberapa guru penjaskes yang berlatarbelakang bukan dar pendidikan jasmani, persiapan yang dilakukan guru penjaskes sebelum pembelajaran terbatas, ketidakmampuan guru dalam merancang rencana kegiatan pembelajaran dan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang efektif. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pola pembelajaran pendidikan jasmani adaptif saat masa pandemi d SMPLB se-Kabupaten Boyolali, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif selama masa pandemi di SMPLB se-Kabupaten Boyolali, Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif selama masa pandemi di SMPLB se-Kabupaten Boyolali . Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SMPLB se-Kabupaten Boyolali, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SMPLB se-Kabupaten Boyolali, mendeskripsikan strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SMPLB se-Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di 3 SMPLB di Kabupaten Boyolali Waktu pelaksanaan penelitian pada tahun ajaran 2020/2021. Narasumber Penelitian adalah 3 guru. Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil. Tahapan penelitian yaitu pra penelitian, pelaksanaan penelitian, dan pembuatan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian pola pembelajaran pendidikan jasmani adaptif saat masa pandemi di SMPLB se-Kabupaten Boyolali menunjukan bahwa impelemntasi strategi pembelajaran sudah terpenuhi pada aspek strategi pembelajaran dan modifikasi pembelajaran. Sedangkan untuk aspek metode pembelajaran belum terpenuhi. Pelaksanaan pembelajaran sudah terpenuhi pada aspek pelaksanaan dan kompetensi guru. Aspek perencanaan an penilaian belum semua indikator terpenuhi. Kesimpulan yang dapat di ambil pada penelitian ini adalah indikator pemilihan metode pembelajaran belum terpenuhi. Perencanaan alat evaluasi dalam kegiatan evaluasi belum diterapkan dan indikator instrumen penilaian belum terpenuhi. Saran yang dapat diberikan yaitu perencanaan pembelajaran harus dipersiapkan dengan baik, karena berpengaruh pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada mata pelajaran penjas adaptif. Pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan RPP yang dibuat dan melakukan penilaian secara autentik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, Penjas Adaptif, Strategi Pembelajaran, Pelaksanan Pembelajaran
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Sep 2021 12:23
Last Modified: 01 Sep 2021 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45381

Actions (login required)

View Item View Item