PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI BERBASIS PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK
Diah Ayu Saputri, 4001416030 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI BERBASIS PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI BERBASIS PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Miskonsepsi merupakan konsep awal peserta didik hasil dari konstruksi mengenai pengetahuannya yang tidak sesuai atau berbeda dengan konsep para ilmiah. Miskonsepsi sering terjadi pada materi getaran gelombang dan bunyi. Miskonsepsi harus direduksi dan dibutuhkan suatu perangkat pembelajaran yang tepat yaitu menggunakan teori pembelajaran konstruktivisme. Pembelajaran dalam pandangan konstruktivisme merupakan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk membangun suatu konsep berdasarkan pengalaman yang baru didapatkannya dan menghubungkannya dengan pengalaman yang sudah ada sebelumnya. Pembelajaran yang termasuk dalam teori pembelajaran konstruktivisme yaitu menggunakan model pembelajaran Predict Discuss Explain Obseve Discuss Explain (PDEODE). PDEODE diharapkan dapat mereduksi miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi getaran gelombang dan bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan perangkat pembelajaran materi getaran gelombang dan bunyi berbasis Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain dalam mereduksi Miskonsepsi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan dari Sugiyono. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX A sebanyak 31 anak SMP Negeri 13 Semarang. Data penelitian diperoleh dari uji kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan serta angket keterbacaan mengenai perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peserta didik dan guru. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran powerpoint, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan soal tes. Hasil validasi kelayakan perangkat pembelajaran silabus sebesar 90,50% aspek penyajian dan 93,13 % aspek materi, RPP sebesar 94,09 % pada aspek penyajian dan 90,56 % pada aspek materi, bahan ajar sebesar 94,44 % pada aspek media dan 86,11 % pada aspek materi, media powerpoint sebesar 75% pada aspek penyajian dan 82,50 % pada aspek materi, LKPD sebesar 92,50 % pada aspek penyajian dan 86,67 % pada aspek materi soal tes mendapatkan persentase sebesar 88,33 % pada aspek penyajian dan 90 % pada aspek materi. Hasil analisis lembar angket keterbacaan baik guru maupun siswa mendapatkan kategori layak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran materi getaran gelombang dan bunyi berbasis Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain layak digunakan dalam mereduksi miskonsepsi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, PDEODE, Miskonsepsi |
Subjects: | L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 07:17 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 07:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45205 |
Actions (login required)
View Item |